Share

Pembunuhan Ibu-Anak di Subang, Kriminolog: Pelaku Diduga Orang Dekat, Motifnya Bisa Sakit Hati

Inin Nastain, Koran SI · Rabu 01 Desember 2021 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 340 2510282 pembunuhan-ibu-anak-di-subang-kriminolog-pelaku-diduga-orang-terdekat-motifnya-bisa-sakit-hati-E4k7mQXS6V.jpg TKP pembunuhan di Subang. (Foto: MNC Portal)

SUBANG – Pelaku pembunuhan ibu dan anak anak di Subang, Jawa Barat belum juga tertangkap. Padahal, kasus ini terjadi 18 Agustus 2021 atau tiga bulan lebih lamanya. Lantas, apa penyebab kasus ini belum terungkap hingga kini?

Kriminolog Universitas Budi Luhur Nadia Utami Larasati mengatakan, melihat korban dari kasus itu, pelaku sangat mungkin berasal dari orang dekat. Konflik patut diduga menjadi pemicu aksi kejahatan itu.

“Pembunuhan itu (di Subang) biasanya pasti saling mengenal, kecuali pembunuhan yang sifatnya instrumental seperti perampokan. Kalau ini kan sepertinya tidak ya. Mungkin pemicunya sakit hati,” kata Nadia saat live di akun Instagram Sindonews, Rabu (1/12/2021).

Dijelaskannya, dalam beberapa kasus pembunuhan di lingkungan keluarga, kerap ditemukan pelakunya adalah orang yang mengenal korban. Begitu juga yang kemungkinan besar misteri dari pembunuhan di Subang itu.

Baca juga: Pembunuhan Ibu-Anak di Subang, Istri Muda Yosef Mengaku Tidak Tenang Sebelum Pelaku Ditangkap

“Kasus Subang, korbannya ibu dan anak, sasaran utama pelakunya orang terdekat. Kita bisa menduga pelakunya ya orang yang kenal dengan korban. Pembunuhan tidak dilakukan satu orang. Motifnya ya ada konflik,” ucap dia.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Nadia setuju pembunuhan di Subang masuk ke dalam jenis pembunuhan terencana. Hal itu terlihat dari kelihaian pelaku yang sukses menghilangkan jejak aksi kriminalnya.

“Kalau kita lihat di mana Subang ini, saya pikir direncanakan dengan matang. Menghilangkan jejak-jejak kejahatan,” papar dia.

“Polisi sangat hati-hati ya. Kalau kita melihat dari kaca mata publik, ‘Kenapa bisa lama, setidaknya ada satu tersangka.’ Tapi memang sekarang polisi berupaya mengungkap kasus ini ya,” lanjut Nadia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini