Cinta Sri Sultan Hamengkubuwono X & GKR Hemas Bersemi di Bandung, Ridwan Kamil Siapkan Rute Nostalgia

Tim Okezone, Okezone · Kamis 02 Desember 2021 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 340 2510764 cinta-sri-sultan-hamengkubuwono-x-gkr-hemas-bersemi-di-bandung-ridwan-kamil-siapkan-rute-nostalgia-CGrluiMqbf.jpg Ridwan Kamil dan Hamengkubuwono/ ist

YOGYAKARTA - Raja Keraton Ngayogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta istrinya GKR Hemas ternyata memiliki kenangan manis di Kota Bandung.

Dalam kunjungannya ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun siap mengajak mereka untuk bernostalgia mengenang romansa semasa muda.

(Baca juga: Ridwan Kamil Pamer Lukisan Penuh Warna di Yogyakarta, Bicara Produktivitas & Ekonomi Kreatif)

Hal itu diungkapkan Ridwan Kamil dalam acara penandatanganan kerja sama sektor budaya, pariwisata, dan ekonomi kreatif antara Pemprov Jabar dan Pemprov DIY di kawasan Candi Prambanan, Rabu (1/12/2021) malam.

Ridwan Kamil mengungkapkan, sebelum menikah atau sekitar tahun 1968, Sri Sultan Hamengkubuwono kerap datang ke kota berjuluk Parijs van Java untuk menemui Kanjeng Ratu Hemas.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Kang Emil ini pun bahkan tahu makanan favorit Sri Sultan Hamengkubuwono dan Kanjeng Ratu Hemas di masa itu.

"Kami undang (Sri Sultan dan Kanjeng Ratu Hemas) ke Tanah Priangan, ke tempat Sri Sultan dan Kanjeng Ratu Hemas pacaran naik scooter di tahun 1968. Jadi dulu Kanjeng Ratu Hemas ikut orang tua, kemudian ada jejaka yang menaksirnya jauh-jauh datang ke Bandung dan pacarannya naik vespa," tutur Kang Emil.

"Beliau kalau ke Bandung pasti ritualnya belok makan Ayam Panaitan di Jalan Sunda. Nanti kalau Sultan berkenan, saya siapkan, ada rute nostalgia," lanjut Kang Emil yang ditimpali senyum Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Sri Sultan Hamengkubuwono pun menyatakan kesiapannya untuk membalas kunjungan kerja Ridwan Kamil untuk membahas kerja sama antardua provinsi.

Rencananya, dia dan rombongan dari Pemprov DIY bertandang ke Kota Bandung pada pekan depan.

Tawaran mengenai nostalgia di sela kunjungan kerja pun tak ditampik.

"Kami mungkin berangkat tanggal 6, Senin, acara (kunjungan kerja) tanggal 7. Maunya keliling Bandung, nostalgia," kata Sri Sultan tersenyum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini