6 Fakta Tentang Kaisar Kejam Romawi Caligula

Vanessa Nathania, Okezone · Jum'at 03 Desember 2021 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 18 2511553 6-fakta-tentang-kaisar-kejam-romawi-caligula-HCl42MyOCP.jpg Kaisar Romawi Caligula. (Foto: The Collector)

CALIGULA dianggap sebagai salah satu kaisar Romawi yang paling terkenal. Dia menggunakan kekuatannya untuk meneror orang, memperkosa dan membunuh mereka dengan sadis. Dua ribu tahun setelah pemerintahannya; kehidupan abnormalnya terus menjadi simbol penyimpangan dan sadisme.

Berikut adalah 6 fakta gila tentang penguasa yang dikenal sadis ini, yang dilansir dari berbagai sumber:

BACA JUGA: Kisah Kaisar Romawi Caligula, Dikenal Raja yang Kejam

Penguasa kejam yang gila

Dia kemudian menunjukkan kekejaman, sadisme, kemewahan, dan penyimpangan seksualnya, dan menampilkan dirinya sebagai sosok seorang tirani gila. Caligula juga menuntut penghargaan yang diberikan kepada para dewa untuk dirinya sendiri; menciptakan upacara khusus, membungkuk dalam-dalam, mencium kaki (yang merupakan kebiasaan timur)... dan banyak lagi yang tidak biasa dilakukan sebelumnya, dan untuk mengisi kas negara yang kosong, dia menyita harta terpidana, mengatur larangan paksa, dan memberlakukan hukuman besar pajak provinsi.

Asal mula nama Caligula

Caligula adalah nama julukan, yang dalam bahasa Latin berarti “sepatu bot kecil”, diterima oleh tentara di kamp militer ayahnya karena ia mengikuti ayahnya selama kampanyenya di Germania – sebagai anak laki-laki berusia tiga tahun. Karena dia tidak menyukai nama panggilannya, orang-orang sezamannya mungkin tidak menggunakan nama panggilan itu di hadapannya. Nama aslinya adalah Gaius Julius Caesar Augustus Germanicus.

BACA JUGA: Patung Caligula Dipamerkan di Roma

Ibu dan saudara-saudaranya dibunuh pamannya, Tiberius

Ketika ayahnya meninggal, ibunya kembali dengan enam anak di Roma, mempersiapkan balas dendam berdarah pada Kaisar Tiberius, saudara suaminya. Tiberius membunuhnya dan putra-putranya – kecuali Caligula. Untuk menghentikan balas dendam darah, Caligula menerima panggilan untuk bergabung dengan kaisar Tiberius.

Anggap dirinya sebagai seorang Dewi

Dia membangun sebuah kuil yang didedikasikan untuk dirinya sendiri yang pembukaannya muncul dengan berpakaian seperti seorang dewi. Dia sering memakai gaun wanita. Semua orang dilarang untuk melihat ke bawah ke arah Caligula jika dia berada di posisi yang lebih tinggi ketika Caligula melewati jalan (misalnya balkon). Dia menuntut pengorbanan diberikan padanya, mencari orang untuk dikorbankan di arena, atau dengan cara lain.

Hubungan inses dengan saudari perempuannya

Ada cerita yang berkembang tentang hubungan insesnya dengan tiga saudara perempuannya, yang bahkan diduga menjadi pelacur. Ketika saudara perempuannya Druzilla (nyonya yang paling dicintainya) meninggal, dia menyatakannya sebagai dewi, dan kegilaannya benar-benar menjadi di permukaan ketika dia menyatakan minggu-minggu berkabung publik dan larangan untuk tertawa. Faktanya, dia punya banyak kekasih.

Perlakuan gila bagi kudanya Incitatus

Caligula juga memiliki kuda yang diletakkan di kandang marmer, kuda itu selalu hadir pada makan malam penting, dan memberinya makan dengan jelai yang ditaburi emas. Ada juga kisah dimana Caligula mengangkat Incitatus sebagai konsul atau anggota senat Roma.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini