Gunung Semeru Meletus, Hindari Aliran Sungai di Mujur dan Curah Kobokan

MNC Portal, · Sabtu 04 Desember 2021 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 340 2511936 gunung-semeru-meletus-hindari-aliran-sungai-di-mujur-dan-curah-kobokan-04UDECcF1S.jpg Gunung Semeru erupsi/ ist

JAKARTA - Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur, meletus dan disertai guguran awan panas serta abu vulkanik pada Sabtu (4/12/2021), sore.

(Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Mbah Rono: Jangan Mendekat Sungai!)

Pantauan dari pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru, guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta agar masyarakat maupun penambang menghindari aliran sungai sepanjang daerah Mujur dan Curah Kobokan.

(Baca juga: Foto-foto Dahsyatnya Letusan Gunung Semeru)

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat dan para penambang untuk tidak beraktivitas di sepajang Daerah Aliran Sungai (DAS) Mujur dan Curah Kobokan," kata Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari melakukan keterangan resminya, Sabtu (4/12/2021).

Dia memastikan, anggota BPBD Kabupaten Lumajang bersama tim gabungan lainnya sudah menuju lokasi kejadian di sektor Candipuro-Pronojiwo untuk melakukan pemantauan, kaji cepat, pendataan, evakuasi dan tindakan lainnya yang dianggap perlu dalam penanganan darurat.

"Tim BPBD Kabupaten Lumajang saat ini tengah mengupayakan untuk mendirikan titik pengungsian sektoral di Lapangan Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang," ungkapnya.

Hingga saat ini, BNPB belum menerima laporan mengenai jatuhnya korban jiwa. Sementara itu, visual Gunung Semeru masih tertutup kabut disertai hujan dengan intensitas sedang. Sementara itu kerugian materil dan dampak lainnya dari erupsi Gunung Semeru masih dalam pendataan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini