Penampakan Rumah Warga Luluh Lantak Dihantam Abu Vulkanik Gunung Semeru

Mohammad Adrianto S, Okezone · Sabtu 04 Desember 2021 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 340 2511937 penampakan-rumah-warga-luluh-lantak-dihantam-abu-vulkanik-gunung-semeru-kmWf41jt9F.jpg Penampakan rumah warga luluh lantak akibat erupsi semeru/ twitter

LUMAJANG - Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021). Di situasi yang mendadak, banyak masyarakat tidak sempat menyelamatkan diri.

 (Baca juga: Gunung Semeru Meletus Hebat, Warga: Astagfirullah)

Mengutip akun Twitter @DaryonoBMKG, dirinya mengunggah video berdurasi singkat yang menunjukan keadaan salah satu rumah warga pasca meletusnya Gunung Sumeru.

 (Baca juga: Foto-foto Dahsyatnya Letusan Gunung Semeru)

Dalam video tersebut, terlihat rumah warga ini tidak tersisa apa-apa lagi. Atap dan genteng rumah ambruk sehingga bagian atas terbuka lebar.

"Ini rumah kami. Kami sudah tidak punya apa-apa lagi. Ambruk semua ambruk," ujar perekam.

Beruntung, dirinya beserta keluarga selamat dan tidak mengalami luka-luka. Dia juga meminta doa kepada warganet agar mereka tetap selamat di tengah situasi ini.

"Tapi alhamdulillah kami sekeluarga selamat. Mohon doa dari sedulur-sedulur semua," tutupnya.

Sementara, hasil pantauan dari pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru, guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta agar masyarakat maupun penambang menghindari aliran sungai sepanjang daerah Mujur dan Curah Kobokan.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat dan para penambang untuk tidak beraktivitas di sepajang Daerah Aliran Sungai (DAS) Mujur dan Curah Kobokan," kata Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari melakukan keterangan resminya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini