Share

Kabar Gembira, Selangkah Lagi Nunukan Menuju Level 1

Karina Asta Widara , Okezone · Selasa 07 Desember 2021 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 1 2513099 kabar-gembira-selangkah-lagi-nunukan-menuju-level-1-mF7ZCLmPrX.jpeg Foto: Dok Pemkab Nunukan

PROKOMPIM – Penanganan covid -19 di Kabupaten Nunukan terus menunjukkan peningkatan dan perbaikan secara signifikan. Jika trend positif itu bisa terus terjaga, maka selangkah lagi Kabupaten Nunukan akan berada di level- 1. Sampai saat ini, Kabupaten Nunukan masih berada di zona kuning dan level 2 PPKM.

Berita gembira ini disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid -19 Kabupaten Nunukan Aris Suyono dalam Rapat Evaluasi Satgas Penanganan Covid – 19 di Kabupaten Nunukan yang dilaksanakan secara hybrid (online dan offline) di Kantor Bupati Nunukan, Rabu (1/12).

Rapat dipimpin oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid selaku ketua satgas covid – 19, diikuti secara langsung oleh Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, Sekretaris Daerah Serfianus, Asisten Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amin, Kepala Dinas Kesehatan dr. Tololiu, Kabag Prokompim Hasan Basri, serta diikuti secara virtual oleh Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para camat, lurah dan kepala Puskesmas di Kabupaten Nunukan.

Aris Suyono dalam paparannya menyebutkan angka kesembuhan hingga bulan November tahun ini mencapai 97,69 persen atau lebih tinggi dari capaian nasional sebesar 96,43 persen. Persentase pasien meninggal sebesar 2,20 di bawah angka kematian nasional sebesar 3,38 persen, dan angka penambahan kasus aktif hanya 0,11 persen dibawah kasus aktif nasional sebesar 0,19 persen. Angka positif rate hanya 1 persen, sangat jauh dari standar yang ditetapkan WHO sebesar 5 persen.

Β 

Selain itu, kata Aris Suyono, capaian vaksinasi hingga minggu ke-48 ini juga telah mencapai angka 64,49 persen untuk dosis I dan 49,19 untuk dosis 2. Angka ini merupakan koreksi atas data laporan yang masuk dimana angkanya baru mencapai 51,85 persen dosis I dan 34,94 untuk dosis 2 .

Menurut Aris, ada kesalahan jumlah data sasaran vaksin selama ini, seharusnya cuma 146.007 jiwa tapi datanya membengkak jadi 182.886 jiwa, hal itu disebabkan oleh masih dimasukkanya anak – anak hingga usia 12 tahun sebagai target sasaran vaksin.

Mengingat masih ada sisa waktu kurang lebih 1 bulan, maka target vaksinasi 70 persen di akhir tahun 2021 rasanya tidak terlalu sulit untuk dicapai.

β€œJika trend positif ini terus terjaga, maka selangkah lagi kita bisa mencapai level 1. Dengan catatan tidak ada varian baru yang masuk,” kata Aris.

Menanggapi paparan yang disampaikan Aris Suyono, Bupati Laura mengaku gembira dan bersyukur. Menurut Laura, capaian itu menunjukkan berbagai upaya yang sudah dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid -19 dan masyarakat selama ini telah berjalan dengan baik.

Kendati demikian, Laura berharap agar masyarakat tidak cepat merasa berpuas sehingga kehilangan kewaspadaan. β€œKita bersyukur atas capaian selama ini, tapi jangan cepat puas, harus tetap hati – hati dan jaga prokes, selain itu yang belum divaksin cepat – cepat ikut vaksin,” kata Laura. (CM)

(Wid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini