Share

Kala Prajurit TNI Jadi Tenaga Pengajar di Wilayah Perbatasan RI-PNG

MNC Portal, · Selasa 07 Desember 2021 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 340 2513088 kala-prajurit-tni-jadi-tenaga-pengajar-di-wilayah-perbatasan-ri-png-aMerOfuz8Q.jpg Prajurit TNI Jadi tenanga pengajar di perbatasan RI-PNG (Foto : TNI)

JAKARTA - Personel Pos Waris Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC jadi tenaga pengajar Sekolah Dasar (SD) Kanandega di Kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua. Kegiatan tersebut, merupakan program Satgas Yonif 126/KC mengingat jumlah tenaga pendidik di perbatasan masih minim.

"Program itu dilaksanakan dalam rangka turut mendukung program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya kepada generasi penerus di perbatasan Papua melalui jalur pendidikan formal atau sekolah," ujar Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti Letkol Inf Dwi Widodo, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (07/12/2021).

Dijelaskannya, pendidikan merupakan hak setiap warga negara Indonesia, tanpa kecuali. Anak-anak di seluruh wilayah NKRI harus mengenyam pendidikan, tidak terkecuali anak-anak di wilayah perbatasan. Menjadi tanggung jawab moral Satgas Pamtas Yonif 126/KC khususnya Pos Waris untuk turut mendidik anak-anak di daerah binaannya.

“Program tenaga pendidik Satgas Yonif 126/KC di titik beratkan pada PPK (penguatan pendidikan karakter). Fokus pengajaran tersebut diharapkan dapat membina karakter anak-anak di perbatasan Papua yang sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya.

“Materi yang diberikan mengerucut kepada tiga tujuan besar diantaranya pertama untuk menumbuhkan jati diri sebagai bagian dari NKRI, kedua untuk membentuk masyarakat perbatasan Papua yang bermartabat dan memiliki rasa cinta terhadap tanah air Indonesia, ketiga untuk membentuk masyarakat perbatasan Papua yang berakhlak mulia,” sambungnya.

Baca Juga : Mahfud MD: Negara Harus Hadir di Perbatasan

Terpisah, Wadan Pos Waris Serda Hayadi Putra menyampaikan bahwa Pos Waris akan selalu siap setiap saat untuk menjadi tenaga pendidik baik diminta ataupun tidak.

“Kami Satgas Pamtas Yonif 126/KC sudah dibekali keterampilan sebagai tenaga pendidik yaitu sebagai pengajar sewaktu di homebase oleh dinas pendidikan Kabupaten Batu Bara dan sudah mendapatkan sertifikasi mengajar dari Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara,” ungkapnya.

“Kami juga berusaha memberikan manfaat kepada masyarakat binaan kami, salah satunya dengan mengajar sebagai guru atau tenaga pendidik dan kami juga membagikan buku pelajaran kepada siswa siswi Sekolah Dasar Kanandega,” pungkas Hayadi.

Sementara itu, Kepala Sekolah Dasar Kanandega Ibu Yanti menyambut positif dan mengucapkan terima kasih kepada anggota Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti yang dengan suka rela beri sumbangsih ilmu pengetahuan kepada anak didik kami.

“Diharapkan kedepan menjadi anak atau generasi yang berkarakter dikemudian hari, semoga kegiatan seperti ini tetap berlanjut agar anak didik kami semakin semangat belajar,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini