Share

Warning! Aktivitas Gunung Awu Semakin Meningkat, Masyarakat Diminta Menghindar

Rio Erfandi, MNC Portal · Minggu 12 Desember 2021 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 12 340 2515917 warning-aktivitas-gunung-awu-semakin-meningkat-masyarakat-diminta-menghindar-Wg4A2mC2h5.jpg Gunung Awu/ wikipedia

JAKARTA - Gunung Awu di Sulawesi Utara kembali  mengalami peningkatan status, dari sebelumnya Level I (normal) kini  menjadi (waspada) tingkat Level II. Hasil tersebut dari pantauan langsung Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

(Baca juga: Gunung Awu Berstatus Waspada, Warga Dilarang Mendekat)

Gunung Awu diamati secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) yang berlokasi di Jl. Radar Tahuna, Kecamatan Apeng Sembeka, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

 (Baca juga: Awas! Guguran Awan Panas dan Lahar Semeru Berjarak Pendek)

Berdasarkan hasil analisis data visual dan instrumental serta mempertimbangkan potensi ancaman bahayanya maka terhitung mulai pada Minggu (12/12/2021) pukul 12.00 WITA tingkat aktivitas Gunung Awu dinaikkan ke Level II (Waspada).

Sehubungan dengan kenaikan tingkat aktivitas Gunung Awu menjadi Level II maka direkomendasikan:

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

- Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak mendekati dan beraktivitas di dalam radius 1 km dari kawah puncak Gunung Awu.

 - Masyarakat di sekitar Gunung Awu diharap tetap tenang, tidak terpancing isu-isu mengenai aktivitas Gunung Awu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat harap mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini