Share

Puncak Arus Balik Libur Nataru, Bandara Ngurah Rai Dipadati Puluhan Ribu Penumpang

I Gusti Bagus Alit Sidi, iNews · Minggu 02 Januari 2022 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 02 340 2526175 puncak-arus-balik-libur-nataru-bandara-ngurah-rai-dipadati-puluhan-ribu-penumpang-qtWhpEgmF8.jpg Foto: Tangkapan layar.

BADUNG - Pasca libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru), arus balik penumpang di terminal keberangkatan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, terpantau mengalami peningkatan yang signifikan. Lonjakan arus keberangkatan penumpang maupun wisatawan diprediksi akan berlangsung mulai Minggu, 2 januari 2022 ini hingga 5 januari 2022 mendatang.

Sejak Minggu (2/1/2022) pagi ribuan wisatawan domestik kembali memadati area terminal keberangkatan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali untuk pulang ke daerahnya masing-masing.

BACA JUGA: Cegah Lonjakan Covid-19 Pasca-Libur Nataru, Ini Upaya Pemerintah

Berdasarkan pantauan, tanda-tanda peningkatan trafik telah tampak dari melubernya kendaraan di area drop zone bandara untuk menurunkan penumpang.

Petugas di pintu keberangkatan domestik Bandara Ngurah Rai juga harus bekerja extra untuk memeriksa kelengkapan persyaratan penumpang lantaran mengularnya antrean. Untuk mencegah kerumunan di tempat pemeriksaan, pengelola Bandara Ngurah Rai menyiapkan rekayasa alur pemeriksaan penumpang.

Semula puncak arus balik Nataru diprediksi berlangsung pada 2 dan 3 Januari 2022. Namun, berdasarkan perkembangan terkini peningkatan penumpang di terminal keberangkatan Bandara Ngurah Rai kemungkinan berlanjut hingga 5 Januari 2022.

BACA JUGA: 80 Ribu Penumpang Padati Stasiun Daop 8 Surabaya, Jakarta dan Yogyakarta Tujuan Favorit

Prediksi tersebut didasarkan pada pertimbangan booking position serta membaiknya trafik penumpang yang angkanya mulai mendekati trafik saat kondisi normal sebelum pandemi. Apalagi selama periode libur Nataru pergerakan penumpang di Bandara Ngurah Rai tumbuh secara signifikan, sekira 35 persen dibanding periode bulan sebelumnya.

Selama puncak arus balik libur Nataru, pergerakan penumpang di terminal keberangkatan domestik diperkirakan melonjak hingga menembus angka 12 ribu sampai 14 ribu orang per hari, sementara untuk trafik keseluruhan diperkirakan menyentuh angka 23 ribu pax atau lebih per harinya.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan para penumpang pesawat diharapkan tetap mematuhi persyaratan seperti yang tertuang dalam surat edaran menteri perhubungan nomor 111 tahun 2021 yang berlaku hingga 2 Januari 2022. Di antaranya pelaku perjalanan wajib menunjukkan kartu vaksin lengkap dan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Jika suasana terminal keberangkatan Bandara Ngurah Rai dipadati puluhan ribu penumpang, hal sebaliknya terlihat di terminal kedatangan domestik Bandara Ngurah Rai.

Setelah sempat mengalami lonjakan penumpang sejak 8 Desember 2021 lalu dengan rekor hingga mencapai 14.647 penumpang dalam satu hari, terpantau penumpang yang datang ke bali berangsur-angsur menurun. Dengan melonjaknya arus balik Nataru, jumlah penumpang yang tiba di terminal kedatangan domestik di prediksi di bawah angka sepuluh ribu orang per hari

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini