Share

Ditembaki di Gereja, PM Haiti Lolos dari Upaya Pembunuhan

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 04 Januari 2022 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 18 2527108 ditembaki-di-gereja-pm-haiti-lolos-dari-upaya-pembunuhan-tDuPnyFk0f.jpg Perdana Menteri Haiti Ariel Henry. (Foto: Reuters)

PORT AU PRINCE – Perdana Menteri Haiti Ariel Henry selamat dari upaya pembunuhan yang dilakukan orang-orang bersenjata dalam sebuah acara peringatan kemerdekaan negara Karibia itu pada Sabtu (1/1/2022). Hal itu diungkapkan kantor Henry dalam sebuah pernyataan.

Pada Senin (3/1/2022) kantor Henry mengatakan bahwa "para bandit dan teroris" telah mencoba untuk menembak perdana menteri di sebuah gereja di kota utara Gonaives di mana upacara menandai ulang tahun ke-218 kemerdekaan sedang berlangsung.

BACA JUGA: Presiden Dibunuh, Polisi Haiti Baku Tembak dengan Pelaku, Tewaskan 4 Orang

Rekaman video yang disiarkan di media sosial menunjukkan Henry dan rombongannya bergegas menuju kendaraan mereka ketika sebuah kelompok bersenjata mulai menembak di luar katedral di Gonaives.

Media Haiti menunjuk kemungkinan keterlibatan geng dalam penembakan, yang dilaporkan menewaskan satu orang dan melukai dua lainnya.

BACA JUGA: Tuntut PM Mundur, Geng Kriminal Haiti Blokade Pelabuhan dan Sebabkan Kelangkaan BBM

Cengkeraman geng bernsenjata di beberapa bagian Haiti telah menguat sejak pembunuhan Presiden Jovenel Moise pada Juli.

Polisi, yang menyebut serangan Sabtu sebagai pekerjaan "kelompok bersenjata", tidak dapat segera mengonfirmasi korban. Sebelum kejadian, seorang bos geng lokal telah membuat ancaman terhadap Henry di media lokal.

Kantor perdana menteri mengatakan surat perintah penangkapan telah dikeluarkan untuk tersangka yang menembaki konvoi Henry.

Serangan itu telah memperbaharui kekhawatiran tentang keselamatan para pejabat di Haiti sejak pembunuhan Moise.

Henry, dilantik sebagai perdana menteri Haiti sekira dua minggu setelah Presiden Moise dibunuh oleh tentara bayaran. Hingga saat ini Haiti belum menetapkan tanggal untuk memilih pengganti Moise.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini