Share

Ngeri! Ular Kobra Serang 3 Warga Jember, Korban Luka Parah Kena Bisa di Bagian Mata

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 04 Januari 2022 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 340 2527317 ngeri-3-warga-jember-kena-sembur-bisa-ular-kobra-di-bagian-mata-dirawat-intensif-di-rs-DPuiQDu6z4.jpg Ular kobra semburkan bisa ke mata tiga warga Jember. (Foto: Damkar Jember)

JEMBER - Seekor ular kobra melumpuhkan tiga warga Jember dengan bisanya. Ketiga warga Kelurahan Patrang, Kecamatan Patrang, Jember yang jadi korban yakni Lamidi, Musleh dan Rio. Ketiganya terpaksa dilarikan ke rumah sakit akibat semburan ular mematikan itu.

Informasi yang dihimpun, ular kobra memasuki rumah milik Lamidi di Lingkungan Kreongan, Kelurahan Patrang, Jember. Ular berdiameter satu meter ini bahkan dilaporkan telah memangsa seekor burung love bird milik Lamidi, pada Selasa (4/1/2022).

Tetangga korban Ruly Winantono mengungkapkan, awalnya Lamidi yang menjadi korban semburan ular kobra. Lamidi yang berteriak minta tolong coba dibantu oleh dua tetangganya.

"Awalnya ular itu sama Pak Lamidi dikira air yang bergerak-gerak. Karena posisinya ada di genangan air. Didekati malah nyembur (bisa) dan kena mata Pak Lamidi," ucap Ruly.

Namun saat hendak membantu menyingkirkan ular kobra itu, kedua tetangganya justru menjadi korban. Sang ular sepanjang satu meter yang agresif dan merasa terancam menyerang.

Baca juga: Horor! 18 Ekor Ular Kobra Berkeliaran Dalam Rumah Warga Bogor

"Niat membantu, dua warga lain malah kena sembur (bisa ular) juga. Akhirnya ketiga korban dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan intensif," jelasnya.

Ular yang kian agresif dan berada di dalam kandang burung yang sempit dan kecil, menjadikan warga ketakutan hingga memanggil pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Jember.

Sementara itu, Koordinator Regu B Pemadam kebakaran (Damkar) Pemkab Jember Aris Setiawan membenarkan pihaknya menerima informasi adanya ular kobra yang sempat masuk ke sebuah kandang burung milik warga Kelurahan Patrang, Jember.

"Kami tadi menerima laporan warga ada ular kobra masuk rumah. Bahkan menyebabkan tiga orang korban akibat semburan bisa ular kobra. Kami berangkat ke TKP dengan 5 orang personel dari Mako Regu B Pemkab Jember dan anggota dari Pos Damkar Rambipuji," kata Aris.

Proses evakuasi ular pun berjalan alot, sebab posisi ular di dalam sangkar burung love bird. Petugas harus menggunakan pakaian khusus agar tak terkena bisa ular yang mematikan itu.

“Kami harus menggunakan APD khususnya kaca mata. Karena ular ini agresif dan terus menyemburkan bisa," ungkapnya.

Setelah berjuang 10 menit, ular kobra itu bisa dievakuasi dari kandang burung. Selanjutnya ular kobra dibawa petugas untuk selanjutnya diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jember.

Sementara itu, Aris menyebut tiga orang warga yang terkena semburan bisa ular kobra tengah dirawat intensif di rumah sakit. Total ada tiga orang yang jadi korban, termasuk sang pemilik rumah dan burung love bird.

“Pertama pemilik rumah yang mau nangkap, tapi terkena semburan semburan bisa ular. Kemudian minta tolong warga lain ada dua orang. Juga terkena bisa ular. Ketiga korban terluka pada bagian mata dan langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini