Share

Pengacung Pisau di Polres Lumajang Ternyata Pernah Gagal Nikah dan Alami Skizofrenia

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 13 Januari 2022 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 340 2531739 pengacung-pisau-di-polres-lumajang-ternyata-pernah-gagal-nikah-dan-alami-skizofrenia-ibuJTpROqX.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

LUMAJANG - Pria pengacung pisau dapur di Mapolres Lumajang disebut mengalami gangguan jiwa atau depresi karena pernah gagal menikah. Pria tersebut berinisial R (27) warga Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang, diamankan setelah mengacungkan pisau memasuki Polres Lumajang.

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto mengungkapkan, pelaku diketahui telah lama mengidap gangguan kejiwaan. Bahkan dari penuturan keluarga, R sempat dirawat di rumah sakit.

"Yang bersangkutan mempunyai riwayat depresi sejak kecil, pernah dirawat di rumah sakit di Probolinggo, dan sampai sekarang masih rutin minum obat yang diberikan puskesmas," kata Eka Yekti Hananto, dikonfirmasi pada Kamis siang (13/1/2022).

Eka juga mengatakan, dari ada sebuah keterangan tertulisnya dari puskesmas setempat yang menyebut R menderita skizofrenia, atau gangguan jiwa berskala berat.

"Jadi yang kami dapat keterangan yang bersangkutan memang sejak kecil sudah menimbulkan gejala depresi atau gangguan Jiwa. Kami juga ada surat keterangan dari puskesmas kecamatan Kunir bahwa yang bersangkutan menderita skizofrenia, gangguan kejiwaan skala berat," paparnya.

Tetapi diduga ada keterlambatan meminum obat, sehingga membuat pelaku kambuh dan melakukan aksinya mengacungkan pisau dapur di Mapolres Lumajang.

"Obat rutin yang diberikan kepada yang bersangkutan juga dilakukan, tapi ini mungkin ada keterlambatan meminum obat sehingga muncul gejala sehingga yang terjadi seperti tadi pagi," tuturnya.

Baca Juga : Polres Lumajang Diserang Pria Bersenjata Tajam saat Apel Pagi

Eka menyebutkan, R disebut menerima bisikan gaib untuk melancarkan aksinya dengan mengacungkan pisau dapur dan menerobos masuk ke Mapolres Lumajang, usai pelaksanaan apel rutin di pagi hari.

"Infonya ada bisikan ada dorongan untuk ke Polres tidak ke tempat lain, Alhamdulillah bisa kita amankan di Polres apabila di tempat lain mungkin lebih membahayakan bagi tempat lain bagi orang lain," ujarnya.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Sementara itu Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Gatot Repli Handoko menuturkan, bila dari informasi yang pihak keluarga R diduga depresi karena gagal menikah.

"Informasi pihak keluarga yang bersangkutan dulu pernah gagal menikah. Saat kejadian yang bersangkutan kehabisan obat," ucap Gatot.

Sebelumnya diberitakan, seorang pria terdeteksi membawa pisau dapur dan mengacungkan ke atas sambil berteriak-teriak di Lapangan Mapolres Lumajang. Pria ini berpakaian biru ini menerobos penjagaan usai pintu gerbang dibuka setelah apel pagi pada Kamis pagi.

Aksi ini terekam oleh kamera CCTV yang terpasang di lokasi. Videonya pun tersebar di media sosial, pada video berdurasi 1 menit 13 detik terlihat pelaku berinisial R ini akhirnya diamankan oleh anggota kepolisian yang berjaga di pos dan rekan-rekannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini