Share

Terbukti Korupsi Dana BOS, Mantan Kepsek Menangis Usai Divonis 4 Tahun Penjara

Dede Febriansyah, MNC Portal · Rabu 26 Januari 2022 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 340 2538164 terbukti-korupsi-dana-bos-mantan-kepsek-menangis-usai-divonis-4-tahun-penjara-pERa6Oz9et.jpg Foto: Illustrasi freepick

PALEMBANG - Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Palembang menjatuhkan hukuman pidana selama empat tahun penjara kepada mantan Kepala Sekolah (Kepsek) Dasar Negeri 79 Palembang, Nurmala Dewi, yang terjerat kasus penyalahgunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Rabu (26/1/2022).

Majelis Hakim yang diketuai Mangapul Manalu menilai, bahwa perbuatan terdakwa telah memenuhi unsur setiap orang melawan hukum memperkaya diri sendiri, sehingga merugikan keuangan negara senilai Rp457 juta.

BACA JUGA:Mantan Wakil Bupati Seluma Divonis 11 Tahun Penjara Terkait Korupsi Dana Atlet 

Majelis Hakim juga menjelaskan, sebagaimana dakwaan primer JPU melanggar Pasal 2 ayat (1) Jo 18 UU RI No 31 Tahun 1999, sebagaimana diubah dalam UU RI No. 20 Tahun 2001 tentang Tipikor telah terpenuhi.

"Mengadili dengan ini, menjatuhkan hukuman pidana kepada terdakwa selama empat tahun penjara dengan denda sebesar Rp200 juta, subsider empat bulan kurungan," ujar Mangapul Manalu saat membacakan putusan, Rabu (26/1/2022).

BACA JUGA:KPK: Hampir Tidak Ada Daerah yang Bebas Korupsi! 

Selain itu, Majelis Hakim juga menjatuhkan pidana tambahan kepada terdakwa, yakni wajib mengganti uang kerugian negara sebesar Rp457 juta, dengan ketentuan bilamana terdakwa Nurmala Dewi tidak sanggup mengganti, maka harta benda dapat disita dan apabila nilainya tidak mencukupi maka diganti dengan pidana tambahan berupa dua tahun penjara.

Hakim juga menilai dalam pertimbangannya hal yang memberatkan, bahwa terdakwa sebagai seorang ASN tidak memberikan contoh yang baik bagi masyarakat.

"Terdakwa juga tidak kooperatif, tidak mengakui perbuatannya dalam persidangan, dan tidak ada niat untuk mengembalikan kerugian negara," tegas hakim.

Seusai mendengarkan putusan Majelis Hakim tersebut, terdakwa Nurmala Dewi terlihat dari layar monitor langsung menangis histeris.

Sebelum menutup persidangan, Majelis Hakim juga memberikan waktu kepada terdakwa melalui penasehat hukumnya dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) selama tujuh hari untuk menentukan sikap.

Sebagaimana diketahui, terdakwa diduga telah menyelewengkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SDN 79 Palembang. Adapun modus terdakwa yakni mengambil dana BOS setiap kali pencairan untuk digunakan secara pribadi dan tidak dapat dipertanggungjawabkan dalam pelaporan pertanggungjawaban dana BOS.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini