Share

5 Negara yang Miliki Pesawat Jet Tempur Terbanyak di Dunia, Ada yang Berjumlah 13.000 Unit

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 28 Januari 2022 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 18 2538729 5-negara-yang-miliki-pesawat-jet-tempur-terbanyak-di-dunia-ada-yang-berjumlah-13-000-unit-XpZa1Aqock.jpg Pesawat tempur (Foto: CNN)

JAKARTA - Angkatan udara memiliki peran penting dalam membela kedaulatan suatu negara. Salah satunya, menjaga pertahanan dan pemberdayaan wilayah udara.

Oleh karena itu, para militer angkatan udara harus dilengkapi dengan sejumlah alutsista yang memadai untuk menunjang pertahanan udara, salah satunya pesawat tempur. Berbagai negara telah mempersiapkannya dan terus mengembangkannya.

Melansir Global Fire Power, berikut 5 negara yang memiliki jumlah pesawat militer terbanyak, salah satunya jet tempur.

1. Amerika Serikat (AS) 

Bukan rahasia lagi, jika AS menduduki peringkat pertama sebagai negara pemilik pesawat militer terbanyak di dunia. Majalah Flight Global menerbitkan laporan berjudul "World Air Force directory 2022" dan menyatakan bahwa jumlah pesawat militer AS adalah 13.247 unit. Jumlah tersebut merupakan jumlah terbanyak di dunia sejak Perang Dunia II berakhir. Sebanyak 1.957 di antaranya merupakan pesawat jet tempur.

Baca juga: China Kirim 38 Pesawat Tempur ke Taiwan, Datang dalam 2 Gelombang


2. Rusia

Global Fire Power menempatkan Negeri Beruang Putih ini pada peringkat kedua, sebagai negara dengan kekuatan militer udara terkuat di dunia. Diketahui, Rusia memiliki pesawat militer sebanyak 4.173 dan 772 di antaranya merupakan jet tempur atau pesawat pencegat.

Baca juga: Swiss Akan Beli 36 Jet Tempur Senilai Rp80 Triliun, Picu Kemarahan

Kini, Rusia terus mengembangkan teknologi jet tempurnya dan menjadi negara yang superior di bidang ini. Hingga kemudian Rusia memiliki jet tempur generasi kelima alias berteknologi siluman. Beberapa jet tempur tercanggih yang dimiliki Rusia antara lain SU-27, SU-35, MIG-31, dan MIG-35.

3. China

Global Fire Power mencatat, China memiliki 3.285 unit pesawat militer yang 1.200 unit di antaranya adalah pesawat pencegat.

Jet tempur milik China terus berkembang dan semakin canggih. China bergerak maju dengan mengeklaim telah mengembangkan jet tempur siluman alias generasi kelima. Sukhoi SU-27, Sukhoi SU-35, Shukoi SU-30 MKK, dan Shenyang FC-31 menjadi beberapa jenis jet tempur andalan negara China.

4. India

Menurut catatan Global Fire Power, India memiliki pesawat militer sekitar 2.182 dengan 564 di antaranya adalah pesawat pencegat. Tak ingin ketinggalan dengan China, India mulai berambisi mempunyai jet tempur generasi kelima alias jet tempur siluman buatan dalam negeri pada tahun 2025 mendatang.

Negeri Anak Benua ini meluncurkan program bernama Advanced Medium Combat Aircraft (AMCA). AMCA digadang-gadang memiliki penampang radar canggih untuk kinerja siluman yang superior, integrasi sistem berbasis AI untuk operasi yang efisien, dan tampilan kokpit canggih dengan interface layar sentuh.

5. Korea Selatan

Posisi kelima sebagai negara dengan kekuatan militer udara tertinggi adalah Korea Selatan. Negeri Ginseng ini memiliki pesawat militer sebanyak 1.595. Dari total tersebut, jet tempur yang dimiliki Korsel berkisar 402 unit. Jet tempur terbaru yang diluncurkan Korea Selatan adalah jet tempur KF-21 Boramae, yang sebelumnya dikenal sebagai KF-X.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini