Share

Diplomat AS Pertimbangkan 'Angkat Kaki' karena Lockdown Ketat, China Berang

Antara, · Kamis 27 Januari 2022 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 18 2538832 diplomat-as-pertimbangkan-angkat-kaki-karena-lockdown-ketat-china-berang-3ra9NdbwII.jpg Jubir Kemlu China Zhao Lijian (Foto: Antara)

BEIJING – Juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian sangat prihatin dan kecewa dengan laporan Amerika Serikat (AS) yang sedang mempertimbangkan penarikan para diplomat dan staf perwakilannya di China terkait lockdown ketat yang dilakukan di sana.

Dia menegaskan China tidak diragukan lagi sebagai negara teraman di dunia dari risiko paparan infeksi Covid-19.

"Logika AS susah dipahami," ujarnya dalam pengarahan pers rutin di Beijing, Rabu (26/1).

Zhao berharap AS dapat mematuhi regulasi antipandemi Covid-19 yang dikeluarkan oleh China.

Menurut Zhao, ketatnya tindakan pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah itu sangat efektif dalam melindungi warga negara asing di China.

Baca juga: China Lockdown Ketat, AS Pertimbangkan Tarik Diplomat dan Keluarganya

"Tindakan ini relevan dengan Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik dan Konvensi Wina tentang Hubungan Kekonsuleran sehingga bisa memberikan kenyamanan kepada personel diplomatik dan kekonsuleran," katanya.

Baca juga: 6 Kasus Baru Covid-19 Ditemukan, China Lockdown Mal dan Kompleks Perumahan

Dengan mengutip Reuters, media China menurunkan laporan tentang keinginan para diplomat AS dan keluarganya bisa meninggalkan China karena ketidakmampuan pemerintah AS mencegah otoritas China melakukan aturan pandemi yang dianggap mengganggu mereka.

Seperti diketahui, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mempertimbangkan penarikan para diplomat dan staf perwakilannya di China terkait situasi pandemi Covid-10 di negara berpenduduk terbanyak di dunia itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini