Share

Obat Covid-19 Oral Pertama Disetujui Uni Eropa

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 28 Januari 2022 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 18 2539474 obat-covid-19-oral-pertama-disetujui-uni-eropa-uqGkfDkSQh.jpg Badan Obat-obatan Eropa setujui pil oral pertama di Uni Eropa (Foto: AFP)

EROPA - Badan Obat-obatan Eropa (EMA) telah memberikan persetujuan bersyarat untuk pil Covid-19 Pfizer, di tengah penyebaran varian Omicron virus yang berkelanjutan di wilayah tersebut.

Mengumumkan otorisasi pemasaran bersyarat (CMA) dari pengobatan, EMA mengatakan bahwa Paxlovid telah direkomendasikan untuk mengobati Covid-19 pada orang dewasa yang tidak memerlukan oksigen tambahan dan yang berisiko tinggi menjadi parah.

Menurut EMA, mekanisme CMA digunakan untuk mempercepat proses otorisasi obat-obatan selama keadaan darurat kesehatan masyarakat.

Regulator menambahkan bahwa Paxlovid telah menjadi obat antivirus pertama yang diberikan melalui mulut yang direkomendasikan di UE untuk mengobati Covid-19.

Baca juga: Pfizer Luncurkan Uji Coba Vaksin Covid-19 Khusus untuk Omicron

Persetujuan Paxlovid mengikuti otorisasi pada bulan Desember untuk pengobatan antibodi Xevudy, yang diproduksi oleh GlaxoSmithKline dan Vir Biotechnology, serta Kineret oleh perusahaan Swedia Sobi, yang pada awalnya merupakan obat radang sendi tetapi mampu "mengurangi" peradangan terkait Covid.

Baca juga:  Inggris Izinkan Penggunaan Paxlovid, Pil Antivirus Covid-19 Buatan Pfizer

Pesaing Paxlovid, Merck's Lagevrio (molnupiravir), tetap dipertimbangkan oleh EMA, karena efektivitasnya terbukti lebih rendah dari yang diharapkan. Baik Paxlovid dan molnupiravir menerima persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS pada Desember tahun lalu.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini