Share

4 Negara Penghasil Limbah Plastik Terbesar, Nomor 1 Tak Disangka-sangka

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 07 Februari 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 06 18 2543183 4-negara-penghasil-limbah-plastik-terbesar-nomor-1-tak-disangka-sangka-41MMEFjgGG.jpg Foto: Reuters.

JAKARTA - Dunia saat ini menghadapi persoalan serius terkait limbah plastik, yang tak hanya di tempat pembuangan sampah, tetapi juga telah mencemari laut. Telah banyak laporan limbah produk plastik seperti kemasan makanan, botol minuman, kantong plastik di laut menyebabkan hewan-hewan di laut tersangkut atau bahkan memakannya, membuat mereka mati.

Limbah plastik, mengutip National Geographic, diperkirakan akan meningkat hingga 53-90 juta ton pada 2030. Angka ini disumbang oleh negara-negara kaya yang merupakan penghasil limbah plastik terbesar.

Berikut sederet negara yang menghasilkan limbah plastik terbesar di dunia.

BACA JUGA: Sulap Limbah Plastik Jadi Duit Jutaan Rupiah, Begini Caranya 

1. Amerika Serikat 

Amerika Serikat merupakan penghasil sekaligus penyumbang utama plastik sekali pakai di dunia. Diketahui, jumlah limbah plastik di negara adidaya ini kian tajam melonjak. Melansir AFP, rata-rata setiap orang di Amerika menghasilkan sekira 130 kilogram sampah plastik tiap tahunnya. Angka itu bahkan lebih besar dua kali lipat dari limbah plastik China dan gabungan negara anggota Uni Eropa.

BACA JUGA: Dubes Australia Bertemu Nina, Remaja Jatim yang Surati PM Morrison soal Limbah Plastik 

2. Inggris 

Posisi kedua diduduki Inggris. Warga Inggris, melansir Forbes, menghasilkan sampah plastik rata-rata 99 kg per tahun. Salah satu penyebab adalah masih bergantungnya sebagian besar swalayan dengan kantong plastik. Tak hanya itu, per satu individu di Inggris bisa membuang kurang lebih 18 piring plastik dan 37 pisau dan garpu sekali pakai setiap tahunnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

3. Korea Selatan 

Korea Selatan menjadi negara penyumbang limbah plastik terbesar ketiga di dunia. Berdasarkan data, satu orang penduduk bisa menghasilkan sampah plastik sebanyak 88 kg per tahun.

Di masa pandemi ini, penggunaan kemasan plastik meningkat. Beragam plastik, kotak-kotak styrofoam menumpuk di pusat daur ulang.

4. Jerman

Tak berbeda jauh dengan Korea Selatan, Jerman menyumbang sekira 81,16 kg limbah plastik yang dihasilkan dari setiap warganya per tahun. Lebih dari 31 ribu ton limbah plastik dihasilkan negara ini setiap tahunnya, yang potensial mencemari perairan. Salah satu langkah negara ini dalam mengelola limbahnya adalah dengan mengekspor limbah plastik ke negara lain, seperti Indonesia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini