Share

Sejarah NATO, Aliansi yang Berada di Pusaran Perang Rusia-Ukraina

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 04 Maret 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 03 18 2555908 sejarah-nato-aliansi-yang-berada-di-pusaran-perang-rusia-ukraina-7mYzs6OmGQ.jpg Foto: Reuters.

JAKARTA - Konflik yang tengah terjadi antara Rusia dan Ukraina menjadi sorotan dunia. Hal yang memicu terjadinya konflik ini salah satunya adalah keinginan Ukraina untuk bergabung menjadi anggota NATO. Lantas, apa itu NATO?

NATO adalah singkatan dari North Atlantic Treaty Organization, atau dalam bahasa Indonesia adalah Pakta Pertahanan Atlantik Utara. NATO merupakan organisasi militer di kawasan Atlantik Utara yang didirikan pada 4 April 1949.

BACA JUGA: Biden: Barat dan NATO Siap Tanggapi Invasi Rusia 

Kemunculan NATO tidak lepas dari selesainya Perang Dunia II. Setelah Perang Dunia II, banyak muncul organisasi militer dari tingkat regional maupun global, salah satunya adalah NATO. Tujuan berdirinya NATO adalah untuk membendung pengaruh komunisme di negara kawasan Atlantik Utara. 

Gagasan perumusan NATO ini dicetuskan oleh Inggris serta Prancis yang khawatir karena ketegangan politik antara Blok Barat dan Blok Timur. Kala itu, 12 negara bersepakat untuk menandatangani pembentukan NATO. Negara-negara tersebut adalah Amerika Serikat, Belanda, Belgia, Denmark, Inggris, Islandia, Italia, Kanada, Luksemburg, Norwegia, Prancis, dan Portugal. Penandatanganan dilakukan di Washington DC, Amerika Serikat.

Melansir nato.int pada Rabu (2/3/2022), hingga saat ini NATO mempunyai anggota sebanyak 30 negara. Ketigapuluh negara itu adalah Albania, Belgia, Bulgaria, Kanada, Kroasia, Ceko, Denmark, Estonia, Prancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxemburg, Montenegro, Belanda, Makedonia Utara, Norwegia, Polandia, Portugal, Romania, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini