Share

Diterjang Longsor, 2 Rumah di Trenggalek Rusak

Antara, · Selasa 05 April 2022 11:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 05 519 2573448 diterjang-longsor-2-rumah-di-trenggalek-rusak-HS4ojcM4V7.jfif Longsor. (Ilustrasi/Dok Okezone)

TRENGGALEK - Sebanyak 2 rumah warga Desa Putung, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, rusak akibat tanah longsor yang terjadi pada Minggu (3/4/2022) malam.

"Tidak ada korban jiwa. Untuk kerusakan sudah kami inventarisir," kata Sekretaris BPBD Trenggalek Tri Puspita Sari di Trenggalek, melansir Antara, Selasa (5/4/2022).

Proses evakuasi dan pembersihan material longsor telah dilakukan pada Senin pagi hingga siang.

Petugas gabungan dari BPBD Trenggalek dibantu TNI/Polri dan warga bergotong royong mengatasi timbunan tanah yang masuk rumah Tri Cahyono dan Tarbi di Desa Puyung, Kecamatan Pule.

Beberapa kerusakan juga telah diperbaiki.

"Sementara kondisi sudah aman. Namun, kami tetap mengimbau agar warga tetap waspada, mengingat potensi longsor masih bisa terjadi," ujarnya.

Dia menjelaskan kondisi kerusakan rumah Tri Cahyono terjadi pada bagian dinding rumah.

Dinding yang terbuat dari batu bata itu jebol sepanjang 80 sentimeter dan lebar 50 sentimeter.

Ia mengatakan kerusakan rumah Tarbi jauh lebih parah. Dinding yang terbuat dari kalaiboard jebol dan roboh dengan panjang delapan meter dan lebar enam meter.

โ€œKerugian personel nihil, namun kerugian materiil sekitar Rp15 juta,โ€ katanya.

Ia mengingatkan pentingnya warga waspada dari bencana alam, terutama saat pancaroba saat ini.

"Berkenaan dengan masa transisi dari musim hujan ke musim kemarau, kami mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap hujan es, hujan disertai angin kencang, puting beliung, dan hujan disertai petir,โ€ kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini