Share

Raih Penghargaan DIA 2022, Wali Kota Palangka Raya Apresiasi Inovasi Dinas Perhubungan

Agustina Wulandari , Okezone · Jum'at 08 April 2022 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 08 1 2575661 raih-penghargaan-dia-2022-wali-kota-palangka-raya-apresiasi-inovasi-dinas-perhubungan-ruBZ0ef9bO.jpeg Wali Kota Palangka Raya apresiasi inovasi Dishub. (Foto: Dok.Pemkot Palangka Raya)

PALANGKA RAYA - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengapresiasi inovasi Dinas Perhubungan dengan meluncurkan aplikasi sistem penataan parkir atau Si-TaKir. Aplikasi ini berhasil membawa pemerintah setempat meraih penghargaan bergengsi yang diberikan MNC Portal Indonesia (MPI) pada malam puncak Digital Innovation Award atau DIA 2022.

Dikatakan Fairid bahwa inovasi tersebut perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut agar benar-benar dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. "Sebenarnya saya diundang untuk menerima penghargaan itu. Tapi saya rasa Dishub yang berhak menerimanya dan saat itu saya ada agenda rapat membahas hal-hal terkait Ramadan," kata Fairid, Rabu (6/4/2022).

Ia meminta dinas lain segera melakukan inovasi sesuai bidang masing-masing mengingat adanya penilaian Indeks Inovasi Daerah yang dilaksanakan oleh Badan Litbang Kementerian Dalam Negeri.

Selain itu, dirinya mendorong semua perangkat daerah untuk secara aktif mendata semua bentuk inovasi yang dilakukan pada bidang tugasnya. Pasalnya, inovasi merupakan kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Kadishub Palangka Raya Alman P Pakpahan menjelaskan, aplikasi Si-Takir memiliki delapan fungsi utama, yakni agar pengelolaan parkir transparan dan akuntabel serta mampu membangun database parkir yang berbasis IT dan mudah diakses.

Kemudian meminimalisir adanya jukir liar, mempermudah pengelola dalam kepengurusan pengelolaan parkir dan masyarakat bisa turut serta mengawasi pengelolaan parkir dengan adanya konten pengaduan masyarakat yang disediakan pada aplikasi. Selanjutnya sebagai optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD), pengawasan yang optimal kepada pengelola dan jukir hingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna parkir di tepi jalan umum.

CM

(Wul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini