Share

4 Negara Dijadikan Tujuan Tempat Berobat, Nomor 3 Langganan Mantan Presiden RI

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 18 April 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 17 18 2580407 4-negara-dijadikan-tujuan-tempat-berobat-nomor-3-langganan-mantan-presiden-ri-4R8kSHWtHm.jpg SBY sedang berobat/source: Instagram

JAKARTA - Dalam proses pengobatan, tentunya menginginkan perawatan yang baik, mulai dari fasilitas, teknologi, hingga pelayanannya. Selain itu, biaya pengobatan juga menjadi pertimbangan dalam berobat. Namun, tak jarang pasien berobat ke luar negeri guna mendapatkan yang terbaik meskipun harus mengeluarkan kocek yang lebih.

(Baca juga: SBY Sudah Pulih dan Kembali Beraktivitas Usai Operasi Kanker Prostat)

Berikut negara-negara yang dijadikan tujuan untuk berobat dilansir dari beragam sumber, Minggu (17/4/2022).

1. Malaysia

Malaysia menjadi negara yang dijadikan tujuan untuk berobat. Fasilitas, infrastruktur yang memadai, dan biaya yang terjangkau menjadi alasan banyak orang yang ke Malaysia untuk berobat. Mayoritas pasien yang berobat ke negeri jiran ini berasal dari Asia, namun ada juga pasien dari negara Barat. Tenaga kesehatan di Malaysia fasih berbahasa Inggris sehingga memudahkan pasien mancanegara dalam berkomunikasi. Beberapa rumah sakit di Malaysia sudah mendapatkan akreditasi Joint Commission International (JCI) dari Amerika Serikat. Akreditasi tersebut merupakan standar tertinggi untuk pelayanan kesehatan.

 

2. Singapura

Pengobatan di Singapura didukung oleh dokter serta perawat berpengalaman. Selain itu, dilengkapi pula oleh teknologi yang canggih serta modern. Biaya pengobatan di Singapura terbilang cukup mahal. Pasien yang datang ke Singapura biasanya melakukan skrining kesehatan hingga program bayi tabung. Pada 2019, majalah bisnis terkemuka dunia Newsweek menempatkan Singapore General Hospital (SGH) sebagai rumah sakit terbaik ketiga di dunia. Lembaga riset Value Champion juga menempatkan Singapura sebagai Top 5 Health Care System di Asia Pasifik. Rumah sakit dan pusat medis di Singapura telah memperoleh akreditasi Joint Commission International (JCI).

 

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat juga menjadi negara tujuan untuk berobat. Pengobatan di Amerika Serikat relatif tinggi. Meski begitu, layanan kesehatan di AS didukung teknologi yang canggih serta dokter dan perawat yang mumpuni. Banyak pasien luar negeri yang melakukan pengobatan di Amerika Serikat. Baru-baru ini, Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjalani pengobatan kanker prostat di Mayo Clinic, Amerika Serikat.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

4.Thailand

 

Di Thailand, banyak para dokter serta perawat yang merupakan lulusan pendidikan di negara Barat. Hal ini tentu mempermudahkan komunikasi menggunakan bahasa Inggris. Pelayanan yang ramah serta profesional menjadi nilai tambah bagi Thailand.

Salah satu rumah sakit yang paling sering dituju oleh pasien adalah Rumah Sakit Bumrungrad. Rumah sakit ini mempunyai fasilitas layaknya hotel bintang lima. Diketahui, beberapa rumah di Thailand telah mengantongi akreditasi Joint Commission International (JCI). Thailand dikenal dengan pengobatan operasi plastiknya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini