Share

Kapal Tanker Meledak dan Terbakar di Perairan Hong Kong, 5 WNI Berhasil Selamat

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 17 April 2022 20:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 17 18 2580477 kapal-tanker-meledak-dan-terbakar-di-perairan-hong-kong-5-wni-berhasil-selamat-ZZoro1hE1H.jpg Ilustrasi. (Foto: Ist.)

JAKARTA – Lima warga negara Indonesia (WNI) selamat dari insiden ledaakan dan kebakaran kapal tanker Chuang Yi yang terjadi di wilayah perairan 300 kilometer dari Hong Kong, China pada 16 April 2022.

Merespons insiden itu, Konsulat Jenderal RI (KJRI) Hong Kong segera berkoordinasi dengan otoritas keselamatan maritim Hong Kong (The Hong Kong Maritime Rescue Coordination Center) dan diinformasikan terdapat lima kru kapal berkewarganegaraan Indonesia.

BACA JUGA: Cerita Menlu RI Soal Evakuasi WNI dari Ukraina, Butuh Perjuangan Panjang 

Seluruh kru korban ledakan kapal Chuang Yi telah dibawa ke Queen Marry Hospital dan Pamela Youde Hospital Hongkong, termasuk lima WNI berinisial JA,AS,BS,MM,dan RS.

Menurut informasi KJRI Hong Kong, para WNI mengalami luka bakar yang bervariasi dari ringan hingga cukup berat. Pihak KJRI telah menemui JJ, BS, M, dan RS, sementara AS belum dapat ditemui karena kondisi kesehatan yang belum stabil.

Petugas medis di Queen Marry Hospital menyampaikan bahwa mereka mengupayakan perawatan medis yang optimal bagi para WNI, sehingga dapat pulih dengan cepat.

KJRI Hong Kong juga telah melakukan komunikasi dengan pihak agensi Kapal Chuang Yi di Hong Kong guna memastikan pemenuhan hak-hak ketenagakerjaan maupun kesehatan para WNI ABK sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kemlu RI juga berkoordinasi dengan Kemenhub untuk penelusuran data keluarga dan manning agency yang memberangkatkan para ABK WNI.

Kapal tanker Chuang Yi diketahui adalah kapal berbendera Panama yang pengangkut minyak dan bahan kimia. Kapal sedang menuju ke Taiwan saat terjadi peristiwa ledakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini