Share

Ingin Bebas Pajak Selamanya? Ini 4 Negara yang Jadi Surga Pajak

Maria Alexandra, Litbang Okezone · Senin 02 Mei 2022 05:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 18 2588081 ingin-bebas-pajak-selamanya-ini-4-negara-yang-jadi-surga-pajak-SWzBNIyOfY.jpg Ilustrasi pajak (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pajak merupakan pungutan wajib berupa uang yang berasal dari rakyat untuk pemerintah. Pajak menjadi salah satu sumber pemasukan bagi negara yang digunakan untuk membiayai pengeluaran negara dan pembangunan infrastruktur. Penerapan pajak di berbagai negara berbeda-beda. Ada negara yang menawarkan pengurangan atau bahkan tidak ada kewajiban pajak, sehingga negaranya dikenal sebagai surga pajak (tax haven). Berikut daftar negara yang jadi surga pajak.

Baca juga: Transaksi Kripto Kena Pajak, Begini Cara Menghitungnya

1. Luksemburg

Luksemburg menempati posisi teratas sebagai negara surga pajak. Negara ini cukup populer di kalangan perusahaan yang ingin menerbitkan utang. Hal itu dikarenakan tidak adanya pajak pemotongan dan tidak perlu bea materai. Tercatat lebih dari 340 perusahaan di berbagai negara telah mendirikan anak perusahaan di Luksemburg. Perusahaan tersebut di antaranya Amazon, Staples, Apple, AIG, Heinz, IKEA, Fidelity, dan Office Depot. Banyaknya perusahaan yang didirikan di sana lantaran tidak adanya pemotongan pajak atas pembayaran bunga dan pembayaran royalti. Perusahaan yang beroperasi di Luksemburg dikenakan pajak sebesar 17% untuk pajak perusahaan, 6,75% pajak bisnis kota, dan 1,19% untuk dana ketenagakerjaan.

Baca juga: Jasa Keagamaan Termasuk Umrah Tak Kena PPN

2. Kepulauan Cayman

Kepulauan Cayman adalah negara yang terletak di seberang laut Britania Raya di Laut Karibia. Di Kepulauan Cayman, tidak ada penerapan pajak penghasilan, tidak ada pajak properti, tidak ada pajak capital gain, tidak ada pajak gaji, dan tidak ada pajak pemotongan dan perusahaan. Kesempatan ini dilihat oleh orang-orang kaya untuk mendirikan sebuah perusahaan cangkang di Cayman. Hal itu ditujukan agar dapat menyalurkan laba sebanyak-banyaknya serta melindungi pendapatan perusahaan dari perpajakan. Walaupun begitu, biaya hidup di negara ini cukup mahal, terlebih lagi biaya untuk mendapatkan tempat tinggal. Pemerintah Cayman mendapat pendapatan dari biaya pariwisata, izin kerja, transaksi keuangan, dan bea masuk.

3. Pulau Man

Isle of Man merupakan sebuah negara yang terletak di Laut Irlandia dan memiliki luas wilayah sebesar 572 km persegi. Negara ini tidak tunduk pada undang-undang Parlemen Inggris dan tidak berkewajiban untuk menyelaraskan sistem perpajakannya dengan Anggota Komunitas Eropa. Berinvestasi di negara ini juga tidak dikenakan kewajiban pajak atas pendapatan investasi.

4. Irlandia

Irlandia merupakan salah satu negara dengan surga pajaknya. Peraturan di Irlandia sangat mendukung untuk pendirian pengoperasian perusahaan, terutama bergerak dalam bidang penelitian, pengembangan, dan inovasi. Tarif perpajakan Irlandia lebih kecil dibandingkan dengan negara lain, yaitu sekitar 12,5% untuk perusahaan. Pajak sebesar 6,25% untuk pendapatan yang terkait dengan paten atau kekayaan intelektual perusahaan. Bahkan perusahaan start up yang bergerak dalam bidang penelitian dan pengembangan, jika mengalami kerugian, dapat diizinkan untuk tidak membayar pajak perusahaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini