Share

Pangeran William Kenang Kepergian Putri Diana saat Beri Penghormatan untuk Korban Bom Manchester Arena

Rabu 11 Mei 2022 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 18 2592578 pangeran-william-kenang-kepergian-putri-diana-saat-beri-penghormatan-untuk-korban-bom-manchester-arena-1bAJprQt88.jpg Pangeran William/CNN

JAKARTA - Pangeran William memberikan penghormatannya kepada keluarga korban bom Manchester Arena, Selasa (10/5/2022).

Dikutip dari Mirror, saat itu ia memberikan penghormatan sambil mengenang hidup dengan kesedihannya sendiri.

"Ada kenyamanan dalam mengingat," ungkapnya.

Duke dan Duchess of Cambridge berdiri bahu-membahu bersama orang-orang terkasih yang patah hati karena 22 korban tragis yang dibantai di akhir konser Ariana Grande pada malam 22 Mei 2017 silam.

Pelaku pengeboman kelahiran Manchester, Salman Abedi, saat itu meledakkan bom rakitan yang disembunyikan di dalam ransel, menimbulkan malapetaka di malam yang penuh kegembiraan dan berakhir dengan kehancuran.

Untuk menghormati mereka yang tewas dalam serangan yang mengguncang negara tersebut, Glade of Light Memorial ditugaskan untuk bertindak sebagai tempat harapan dan pelipur lara bagi keluarga.

Pangeran William berbicara tentang pentingnya dia menghadiri pembukaan bersama Duchess, mengatakan mereka ada di sana.

"Untuk mengingat 22 nyawa yang diambil secara brutal," ungkapnya.

"Untuk mengakui ratusan kehidupan yang telah berubah secara permanen dan untuk menghormati ketahanan kota besar ini," tambah Pangeran William.

Pangeran William juga berbicara tentang kesedihannya seniri setelah kematian ibunya, Putri Diana pada tahun 1997.

Ketika dia menceritakan tentang pentingnya mempertahankan kenangan berharga dari mereka yang telah hilang.

"Saya ingat dengan sangat baik keterkejutan dan kesedihan di wajah orang-orang yang saya temui ketika saya mengunjungi Manchester pada hari-hari setelah kekejaman itu," ucapnya.

"Dan luapan emosi pada Layanan Peringatan, yang diadakan di Katedral kalian di sini, setahun kemudian. Lima tahun kemudian saya tahu bahwa rasa sakit dan trauma yang dirasakan banyak orang, belum hilang,"

"Sebagai seseorang yang hidup dengan kesedihannya sendiri, saya juga tahu bahwa yang paling penting bagi orang yang berduka adalah bahwa mereka yang hilang tidak dilupakan,"

"Ada kenyamanan dalam mengingat,"

"Dengan mengakui bahwa, sementara diambil dengan mengerikan segera, mereka hidup,"

"Mereka mengubah hidup kami. Mereka dicintai, dan mereka dicintai. Itulah mengapa tugu peringatan seperti Glade of Light sangat penting. Mengapa Catherine dan saya sangat ingin berada di antara Anda hari ini."

Ratusan orang terluka bersama dengan 22 orang yang meninggal, termasuk enam anak di bawah 16 tahun dengan yang termuda, Saffie-Rose Rouyssos, yang baru berusia delapan tahun.

Monumen yang dirancang dan dibangun dengan berkonsultasi dengan keluarga korban, akan berfungsi sebagai pengingat untuk sebuah kota yang bersatu setelah ditinggalkan untuk dihancurkan oleh serangan itu.

Dihiasi dengan cincin 'halo' marmer putih yang berada di jantungnya dan bertuliskan perunggu dengan nama-nama mereka yang kehilangan nyawa, itu memperingati para korban serta mereka yang terluka atau terkena dampak kengerian.

William dan Kate berkumpul di lokasi dalam bayang-bayang Katedral Manchester untuk secara resmi mengungkap memorial, yang dirancang mengikuti kompetisi internasional.

Kapsul memori yang dipersonalisasi, diisi dengan kenangan dan kenang-kenangan yang diberikan oleh orang-orang terkasih, telah disematkan di dalam batu.

William mengatakan monumen itu akan bertindak sebagai 'penangkal kekerasan dan kebencian terhadap kehidupan manusia yang menyebabkan tragedi ini', saat dia bersumpah bagaimana dia dan Kate berdiri dalam solidaritas dengan keluarga yang berjuang untuk memperbaiki kehidupan yang hancur karena pertumpahan darah.

"Sebuah peringatan adalah pernyataan fisik bahwa ingatan mereka yang meninggal tetap hidup"

"Ini adalah titik fokus untuk peringatan dan refleksi"

"Tempat pelipur lara bagi keluarga, yang terluka dan semua yang terkena dampak. Tempat bagi orang Mancunian dan pengunjung untuk mengakui apa yang telah dilalui City"

"Ini adalah perlawanan terhadap kekerasan dan pengabaian kebencian terhadap kehidupan manusia yang menyebabkan tragedi ini"

"Saya berharap bahwa ruang yang indah dan tenang ini, yang untuk semua tantangannya, saya tahu banyak dari Anda terlibat dalam pembentukannya, akan menyediakan semua ini dan lebih banyak lagi untuk generasi yang akan datang"

"Catherine dan saya tahu bahwa dampak kekejaman itu akan berlangsung seumur hidup dan seterusnya, dan bahwa proses penyembuhan masih berlangsung"

"Kami ingin meyakinkan Anda semua yang sedang berjuang bahwa Anda sangat kami pikirkan. Kami mendukung Anda saat Anda melanjutkan perjalanan yang sulit itu."

Glade of Light dirancang untuk menjadi memorial hidup, ruang taman yang tenang untuk kenangan dan refleksi, menampilkan tanaman yang tumbuh secara alami di pedesaan Inggris yang dipilih untuk memberikan warna sepanjang tahun dan menggemakan musim yang berubah.

Sekitar hari jadi setiap tahun, 22 Mei, bunga putih dari pohon hawthorn yang ditanam di tengahnya akan mekar.

Selama pidatonya, William memberikan penghormatan kepada responden pertama yang bergegas membantu mereka yang terbaring sekarat dan terluka setelah ledakan.

Duke juga mengingat bagaimana pada hari-hari setelah adegan sporadis di Pusat Kota Manchester menjadi viral untuk dilihat di seluruh dunia, penduduk setempat menyanyikan lagu untuk menyanyikan hit Oasis Don't Look Back In Anger.

"Kami mengingat keseluruhan komunitas Manchester yang merespons dengan cara yang paling menghangatkan hati dan meneguhkan hidup untuk mendukung mereka yang terkena dampak"

"Ini adalah serangan terhadap musik malam"

"Dan itu terjadi di kota yang telah memberikan dunia begitu banyak lagu untuk dinyanyikan"

"Ketika orang-orang Manchester berkumpul untuk menghormati para korban hanya beberapa hari setelah kekejaman itu, Anda memberi tahu dunia bahwa musik Anda tidak akan dibungkam"

"Sebaliknya, Anda mengangkat suara Anda bersama-sama dan Anda menyanyikan lagu cinta yang ditulis oleh beberapa putra paling terkenal di kota ini"

"Pada hari itu Anda saling memberi tahu bahwa Anda tidak akan melihat ke belakang dengan marah"

"Dan Anda menunjukkan kepada dunia inti sebenarnya dari tempat yang luar biasa ini"

"Jadi, ketika kita datang ke peringatan ini, mari kita melihat kembali dengan cinta untuk mereka yang hilang. Mari kita menengok ke belakang dengan penuh kasih kepada orang-orang yang merawat dan melindungi komunitas ini."

"Dan mari kita melihat ke belakang dengan cinta untuk kekuatan berkelanjutan dari kota besar Manchester."

Setelah berjalan-jalan sebentar di sekitar taman memorial, Duchess berhenti sejenak untuk meletakkan bunga di kaki memorial sebelum berdiri kembali dan hanya membungkuk sejenak.

Setelah upacara, para bangsawan bergabung dengan beberapa keluarga yang berduka dan mereka yang terlibat dalam upaya tanggapan di resepsi pribadi di dalam Katedral.

Ketika dibuka untuk umum pada bulan Januari, ibu dari salah satu korban mengatakan pemboman itu tidak boleh dilupakan.

(bul)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini