Share

Wanita Pendaki Gunung Everest hingga 10 Kali Mengaku Lahir di Sebuah Gua

Agregasi BBC Indonesia, · Sabtu 14 Mei 2022 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 18 2593934 wanita-pendaki-gunung-everest-hingga-10-kali-mengaku-lahir-di-sebuah-gua-X18qdSFfyJ.jpg Wanita 42 Tahun yang mendaki gunung everst sebanyak 10 kali (foto: dok Lhakpa Sherpa)

NEPAL - Lhakpa Sherpa, di usia 48 tahun ia baru saja mendaki Gunung Everest untuk ke-10 kalinya. Prestasinya yang ke-10 ini dilaporkan oleh saudara laki-lakinya dan dikonfirmasi oleh seorang pejabat Nepal. Ini menjadikannya wanita pertama yang melakukannya.

Informasi ini disampaikan oleh saudara laki-lakinya Mingma Gelu Sherpa, yang mengatakan bahwa dia telah mencapai puncak pada pukul 06:15 (00:30 GMT). Pejabat pariwisata Nepal Bhishma Kumar Bhattarai mengkonfirmasi laporan tersebut untuk kantor berita Reuters.

 BACA JUGA:Rekor! Pertama dalam Sejarah, Wanita Ini Mendaki Gunung Everest hingga ke-10 Kali

Diketahui, Lhakpa Sherpa dilahirkan di sebuah gua. Dia bekerja sebagai pesuruh dan tidak pernah mengenyam pendidikan formal.

Namun ibu tunggal itu kini memegang rekor pendakian terbanyak di gunung paling tinggi di dunia, Everest, lebih banyak dibandingkan perempuan lain.

"Saya semakin mendekati tujuan saya, mencetak sejarah dalam pendakian gunung. Sekarang saya sedang bersiap-siap mendaki Gunung Everest untuk yang kesepuluh kalinya," kata Lhakpa kepada BBC, beberapa saat sebelum memulai pendakiannya.

 BACA JUGA:Pandemi Belum Usai, Gunung Everest Malah Dipadati Pendaki Asing

Anak perempuannya yang sulung bernama Shiny (15), telah berada di base camp. Dia bersemangat menyaksikan kemajuan ibunya.

"Saya mengagumi ibu saya. Dia memiliki banyak pencapaian, meskipun dia mengaku tidak melakukan apa-apa," kata Shiny.

Namun, kerja keras Lhakpa dan berbagai prestasinya itu belum bisa mendatangkan uang dan pengakuan, yang menurut banyak orang sudah sepantasnya dia dapatkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini