Share

Diintai Sejak Kemarin, Tim BKSDA Tangkap Buaya di Sungai Dekat Masjid Raya

Rus Akbar, Okezone · Selasa 17 Mei 2022 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 340 2595415 diintai-sejak-kemarin-tim-bksda-tangkap-buaya-di-sungai-dekat-masjid-raya-jsXEZWkpTT.jpg Petugas dan warga menangkap buaya di Sungai Sapih (Foto: BKSDA Sumbar)

PADANG - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat berhasil mengevakuasi buaya yang muncul di aliran sungai di Kelurahan Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Kota Padang sekira pukul 00.10 WIB, Selasa (17/5/2022).

Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono mengatakan, saat buaya itu muncul, pihaknya sudah menurunkan petugas untuk melakukan pemeriksaan dan pemasangan perangkap di sungai.

“Tim kita sudah mengintai buaya itu sejak siang kemarin, baru dini hari buaya tersebut bisa ditangkap dan dievakuasi petugas BKSDA dibantu oleh puluhan masyarakat,” ujarnya.

Buaya tersebut muncul di bawah jembatan dekat Masjid Raya Sungai Sapih dan langsung dievakuasi. “Saat ditangkap petugas mengikat dengan tali dan langsung diletakkan dalam bak mobil dan dibawa transit ke tempat endemik lainnya,” tuturnya.

Namun sebelum dilepaskan terlebih dahulu diperiksa kondisi buaya tersebut. “Dari segi fisiknya buaya tersebut masih aman, tapi masih memeriksa kondisi kesehatannya,” ucapnya.

Rencananya buaya tersebut akan dilepaskan di sungai dekat lokasi Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

“Kalau sudah selesai observasi kondisi fisik aman dan kesehatan baik akan kita lepaskan tapi kalau kesehatan kurang bagi mungkin dirawat dulu, rencana mau kita lepaskan di sungai dengan BIM,” pungkasnya.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini