Share

Lepas Masker Sudah Dibolehkan, Pemkot Malang Wacanakan Buka Car Free Day

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 19 Mei 2022 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 519 2597031 lepas-masker-sudah-dibolehkan-pemkot-malang-wacanakan-buka-car-free-day-qjGn9vorfx.JPG Wali Kota Malang Sutiaji (Foto: MPI)

MALANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berencana bakal kian melonggarkan aturan seiring diperbolehkannya melepas masker di ruang publik. Langkah awal dengan membuka kegiatan Car Free Day (CFD) yang biasanya dilakukan setiap Minggu pagi sebelum pandemi lalu.

"Insya Allah untuk Car Free Day sudah mulai buka, kan sekarang sesuai apa yang disampaikan oleh Pak Jokowi tidak menggunakan masker tidak apa-apa asalkan di luar ruangan dan tidak berkerumun," kata Wali Kota Malang Sutiaji, pada Kamis (19/5/2022) di Malang.

Namun pembukaan itu akan dilangsungkan perlahan-lahan sambil menunggu instruksi lebih lanjut. Selain itu bagi masyarakat yang tengah sakit dan lansia ia mengimbau agar tetap mengenakan masker di ruang publik terbuka.

"Makanya nanti secara pelan-pelan, tapi masyarakat tetap harus waspada bagi mereka yang sakit dan lansia tetap pakai masker," ujar pria kelahiran Lamongan ini.

Tetapi ia mengingatkan agar kegiatan yang berpotensi mengundang kerumunan diminta tetap memberlakukan protokol kesehatan. "Tetap kami pakai protokol kesehatan. Untuk kerumunan-kerumunan tetap tidak diperbolehkan (lepas masker), bahasanya kan begitu," tegas dia.

Sutiaji juga bakal membuat aturan turunan dari kebijakan Presiden Joko Widodo tersebut. Di aturan tersebut disyaratkan dimana saja warga boleh melepas masker atau tidak.

"Ya nanti akan kita susun, yang jelas namanya ruang terbuka tidak ada sekat, kalau di pasar nanti kita lihat, kalau di mal kan masih tertutup, tetap pakai masker, kemudian lapangan bola bisa jadi juga sudah dibuka untuk penonton itu seperti apa nanti," katanya.

Saat ini sebagai upaya pengendalian sebaran Covid-19 disebut Sutiaji penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan tetap diberlakukan.

"Masih (PPKM), kan dulu saya merekomendasikan masih tetap terpakai. Ini kan seandainya sudah tidak pakai masker itu enggak apa-apa. Kalau masih pakai masker, kan malah lebih baik," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini