Share

Jose Ramos-Horta Dilantik Sebagai Presiden di Hari Kemerdekaan Timor Leste

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 20 Mei 2022 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 18 2597400 jose-ramos-horta-dilantik-sebagai-presiden-di-hari-kemerdekaan-timor-leste-kVwV4UCNc5.jpg Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta berpidato setelah dilantik di Dili, Timor Leste, 20 Mei 2022. (Foto: Reuters)

DILI - Tokoh kemerdekaan Timor Leste dan peraih Nobel Jose Ramos-Horta dilantik sebagai presiden kelima negara itu pada Jumat (20/5/2022). Pelantikan Horta bertepatan dengan peringatan 20 tahun kemerdekaan Timor Leste dari Indonesia.

BACA JUGA: Presiden Baru Timor Leste Akan Dorong Upaya Gabung ASEAN, Perkuat Hubungan dengan China

Ramos-Horta (72), berperan sebagai tokoh gerakan gerilya selama Timor Leste berada di bawah pemerintahan Indonesia. Setelah kemerdekaan Timor Leste, dia menjabat sebagai menteri luar negeri sebelum menjadi presiden pada 2007-2012.

Ribuan orang melakukan perjalanan untuk menyaksikan pelantikan di ibu kota Dili, dengan presiden baru itu dilantik tepat sebelum tengah malam dalam sebuah upacara yang penuh dengan kembang api dan tembakan meriam.

BACA JUGA: Presiden Timor Leste Adopsi Piagam Persaudaraan Kemanusiaan sebagai Dokumen Nasional

Dalam pidato pelantikannya, Ramos-Horta mengatakan dia akan mewakili semua orang Timor, dan berusaha untuk membangun kembali persatuan nasional setelah kebuntuan politik yang berkepanjangan di parlemen.

Ramos-Horta, yang meraih kemenangan menentukan dalam putaran kedua pemungutan suara bulan lalu, mengatakan hubungan dengan Indonesia, Australia, dan kawasan harus menjadi agenda utama nasional, dan bahwa hubungan dengan China akan diperkuat.

Dia juga mengatakan akan terus membina hubungan khusus dengan Amerika Serikat, dan mengadvokasi Timor Leste untuk bergabung dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini