Share

4 Website Kedinasan Pemkab Indramayu Diretas

Andrian Supendi, MNC Portal · Jum'at 20 Mei 2022 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 525 2597466 4-website-kedinasan-pemkab-indramayu-diretas-txQwGj1pul.jpg Illustrasi (foto: freepick)

INDRAMAYU - Sejumlah website kedinasan di Kabupaten Indramayu, diretas oleh hacker. Berdasarkan penelusuran MNC Portal Indonesia pada Jumat (20/5/2022), sedikitnya ada 4 website milik pemerintah daerah yang mendapat serangan siber dari peretas.

Yakni, website Pemkab Indramayu (www. Indramayukab.go.id), Dinas Kesehatan (dinkes.indramayukab.go.id), Dinas Sosial (dinsos.indramayukab.go.id), serta Dinas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indramayu (disdukcapil.indramayukab.go.id).

Sedangkan situs kedinasan pemerintah daerah Kabupaten Indramayu lainnya masih terpantau normal tidak diretas.

 BACA JUGA:Akun Youtube Gubernur Ganjar Pranowo Diretas!

Pada tampilan website saat diretas itu tampak muncul sebuah gambar anime. Pada bagian atas gambar terdapat tulisan 'GalauCrew1337'. Sementara pada bagian bawah gambar terdapat tulisan besar 'Hacked By AstarGanz'.

Hacker yang meretas situs pemerintah daerah Indramayu itu juga menuliskan sebuah pesan.

"Dunia Ini Kejam Tapi Dunia Ini Juga Indah Saat Aku Bersamamu (Shikimori)," tulis peretas tersebut.

 BACA JUGA:Running Text Biskita Transpakuan Bogor Diretas!

Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Diskominfo Kabupaten Indramayu, Andri Haryanto, membenarkan atas terjadinya hack terhadap 4 website kedinasan di Kabupaten Indramayu. Pihaknya menerima laporan soal aksi peretasan itu pada Kamis malam, 19 Mei 2022 pukul 21.00 WIB. Dan kejadian itu menurutnya tidak berlangsung lama.

"Setelah kami menerima laporan terjadinya hack dari Kepala Dinas, saat itu tim kami langsung memperbaiki website-website tersebut, dan tidak berlangsung lama ke empat website itu normal kembali pada pukul 21.15 WIB. Artinya hack terjadi hanya beberapa menit saja," ujarnya.

Andri Haryanto memastikan, bahwa tidak ada kerusakan terhadap website-website tersebut dan dapat difungsikan secara normal seperti sebelumnya.

Sementara, perihal diretasnya website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu, pertama kali diketahui oleh warga.

Salah seorang warga asal Kecamatan Haurgeulis, Yosep Ahmad Ali Wardana (29) mengatakan, pada pagi ini ia hendak membuat aduan sekaligus mengecek perihal Kartu Keluarga (KK) anggota keluarganya. Namun, saat membuka website Disdukcapil Kabupaten Indramayu, situs tersebut justru sudah diretas.

"Saya mau cek atau komplain soal alamat domisili KK uwa saya. Tapi ternyata websitenya kena hacker," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten Indramayu, H Moh Iskak Iskandar mengungkapkan, pihaknya baru mengetahui perihal peretasan tersebut pada pagi hari ini.

Setelah mendapat laporan, pihaknya pun langsung menghubungi bagian IT dinas untuk memperbaiki situs dinas yang diretas.

"Alhamdulillah diketahui pada Pukul 10.00 WIB pagi ini sudah kembali normal," ungkapnya.

Moh Iskak Iskandar mengimbau, agar masyarakat tida perlu panik, karena situs yang terkena retas oleh hacker tersebut sifatnya hanya sebagai media informasi dan tidak ada hubungannya dengan data kependudukan.

"Kalau data kependudukan itu adanya di pusat, sedangkan yang kena hack ini cuma situs lokal, isinya sebagai bahan informasi dan kegiatan-kegiatan kita saja, tidak ada hubungannya dengan data," tuturnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini