Share

Atasi Banjir Rob, Pekalongan Butuh Dana Rp3 Triliun

Suryono Sukarno, iNews · Senin 30 Mei 2022 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 512 2602537 atasi-banjir-rob-pekalongan-butuh-dana-rp3-triliun-B3jOOPGGlL.jpg Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: MPI)

JATENG - Banjir air laut pasang masih terus merendam perkampungan di Pekalongan, Jawa Tengah. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berjanji akan segera menarik bantuan dari pusat sebesar Rp3 triliun untuk mengatasi kasus banjir rob tersebut.

Ganjar mendatangi posko pengungsian korban banjir rob di Masjid Khusnul Khuluq, Kelurahan Tirto Kota Pekalongan. Dia ingin memastikan kondisi para pengungsi tidak kekurangan pasokan makanan dan obat obatan.

Menurut Ganjar, banjir di Kampung Meduri bisa segera diatasi dengan dilakukan penyedotan. Pasalnya, tanggul darurat untuk mengatasi tanggul jebol dan juga limpasan air sungai sudah dilakukan pihak BPBD setempat.

Ganjar memastikan permasalahan banjir rob di wilayah Pekalongan ini bisa atasi dengan membangun tanggul raksasa di pesisir pantai, seperti yang saat ini tengah berjalan.

Ganjar akan segera menagih bantuan dari Kementerian PUPR senilai Rp3 triliun agar permasalahan banjir rob di Pekalongan segera teratasi.

Salah seorang warga Tirto, Rochim mengatakan, banjir rob dengan ketinggian mencapai 60 sampai 1 meter centimeter merendam permukiman warga di kampung di dua kecamatan Kota Pekalongan. Hal ini diperparah dengan adanya retakan baru serta adanya tanggul permanen retak dan bocor.

Banjir rob atau air laut pasang diprediksi akan kembali terjadi pada bulan Juni dan Juli nanti. Ganjar mengimbau sebelum pembangunan tanggul raksasa selesai, masyarakat agar selalu waspada.

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini