Share

Saat Mama Papua Barter Hasil Kebunnya ke Pasukan Elite Kala Sakti

Tim Okezone, Okezone · Rabu 08 Juni 2022 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 08 340 2607693 saat-mama-papua-barter-hasil-kebunnya-ke-pasukan-elite-kala-sakti-UJZwyX1e5e.jpg Foto: TNI AD

KEEROM - Satgas Pamtas Yonif 126/KC Pos Somografi/ Kalajengking Sakti melaksanakan barter dengan masyarakat yang berada di Kampung Pabrab Kabupaten Keerom, Papua.

(Baca juga: Pasukan Kala Sakti Diterjunkan ke Papua, Jenderal Kopassus: Berangkat Bareng dan Pulang Bareng!)

Hal ini dalam membantu menjalankan perekonomian masyarakat yang ada di Kampung Pabrab. Pelaksaan barter ini diterima langsung oleh Danpos Letda Inf Sucipto dengan salah seorang ibu beserta anak perempuan.

Dia mendatangi Pos Somografi dengan maksud dan tujuan menukar hasil dari kebun yang ingin ditukar dengan bahan makanan atau (Naraga) dari Pos.

“Hal menarik yang terjadi dan sudah menjadi tradisi masyarakat perbatasan dengan cara tukar menukar hasil bumi berupa sayur-sayuran, buah-buahan dan umbi-umbian melalui Mama-mama yang datang ke Pos Somografi Satgas Yonif 126/KC,” ujar Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo, dalam keterangannya di Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (8/6/2022).

Dalam hal ini Dansatgas juga menyampaikan bahwa tukar menukar barang yang sudah menjadi rutinitas pada umumnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan ditukar dengan Naraga, Beras, Mie Instant atau Bumbu Dapur.

“Kedekatan masyarakat kepada Pos Somografi selama ini sangat berarti dan menimbulkan hubungan kekeluargaan yang erat, sehingga menghasilkan hubungan saling menguntungkan,” ungkapnya.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Ibu Falina Pull (31) merupakan salah satu masyarakat yang biasa datang untuk menukar sayur-sayuran, buah-buahan dan umbi-umbian.

“Kami biasa menukar sayur-sayuran, buah-buahan serta umbi-umbian kepada bapak tentara, karena dengan cara ini kami bisa memperoleh bahan makanan yang kami butuhkan untuk kami konsumsi sehari hari. Terimakasih kepada bapak tentara yang selama ini baik kepada kami,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini