Share

Tinggal Seorang Diri setelah Kepergian Suami, Impian Seorang Ibu Memiliki Rumah Layak Terwujud

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Jum'at 24 Juni 2022 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 1 2617501 tinggal-seorang-diri-setelah-kepergian-suami-impian-seorang-ibu-memiliki-rumah-layak-terwujud-xFnT89moz5.png Foto: Dok Semen Tiga Roda

Setelah kepergian sang suami, Ibu Kumiyah tinggal sebatang kara di rumah sederhana di Desa Ngepung, Kabupaten Gresik. Beliau bekerja serabutan dengan berjualan kopi atau membantu di sawah untuk menutup kebutuhan sehari-hari, namun tidak cukup untuk memperbaiki rumah peninggalan suami yang kondisinya rusak parah.

Rumah tersebut hanya disekat menggunakan gedeg atau anyaman bambu yang sudah lapuk. Ditambah lagi kondisi atapnya yang banyak berlubang, membuat kebocoran tidak bisa dihindarkan ketika diterpa hujan.

“Saat hujan deras atau angin kencang, saya takut sendirian dan rumah roboh. Saya terpaksa mengungsi ke rumah kakak saya,” tutur Ibu Kumiyah.

Selain kondisinya yang rusak parah, rumah Ibu Kumiyah hanya memiliki 1 kamar, sehingga tidak memungkinkan apabila sang anak ingin bermalam di kediaman tersebut.

Namun keberuntungan menghampiri Ibu Kumiyah, beliau terpilih untuk menerima bantuan renovasi rumah melalui program #PejuangKokohSelamanya persembahan dari Semen Tiga Roda. Program tersebut bertujuan untuk merenovasi rumah tidak layak huni agar menjadi rumah yang layak, nyaman, serta aman ditinggali.

Pada proses renovasi rumah Ibu Kumiyah ini, Tim Pejuang Kokoh menerapkan teknologi RAPI Pracetak. Sehingga proses pengerjaan jauh lebih efisien dengan hasil bangunan yang sangat kokoh dan teruji. Setelah tahap renovasi selesai, kini program #PejuangKokohSelamanya telah memasuki tahap serah terima rumah.

Pemasangan plakat dan pemotongan tumpeng menandai prosesi serah terima renovasi rumah Ibu Kumiyah pada Senin (07/06/2022). Suasana bahagia dan senyum sumringah terlihat menghiasi wajah Ibu Kumiyah sekeluarga dan juga warga Desa Ngepung. Salah satu perwakilan Kepala Desa Ngepung menyampaikan apresiasinya terhadap Semen Tiga Roda karena telah membantu salah satu warga mereka yang membutuhkan.

Kini tampilan rumah Ibu Kumiyah sudah berubah 180°, rumahnya yang dulu terlihat rapuh dan hampir ambruk, kini berdiri kokoh. Begitu pun atapnya yang dulu berlubang, kini sudah diperbaiki.

Tidak hanya tampilan luar saja, bagian dalam rumah pun telah dilengkapi dengan perabotan untuk menunjang kehidupan layak dan kenyamanan tinggal. Kamar tamu juga sudah dibangun, kini Ibu Kumiyah dapat menghabiskan waktu bermalam ditemani dengan anak dan cucunya.

Rasa syukur dipanjatkan oleh Ibu Kumiyah dan sang anak, Retno Indriasari atas renovasi rumah tersebut.

“Saya berterima kasih kepada Semen Tiga Roda yang telah membantu membangun rumah ibu saya. Seperti dibangun ulang lagi dari nol hingga sebagus ini,” ucap Retno Indriasari sambil berkaca-kaca.

Dengan rumah yang lebih layak, kini Ibu Kumiyah dapat tinggal dengan nyaman serta tidur nyenyak di malam hari. Tidak perlu lagi takut rumahnya akan roboh meskipun diterpa hujan deras dan angin kencang.

CM

(FDA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini