Share

MA Malaysia Putuskan Majikan Adelina Bebas, Pemerintah Indonesia Akan Tetap Upayakan Keadilan

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 25 Juni 2022 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 25 18 2618029 ma-malaysia-putuskan-majikan-adelina-bebas-pemerintah-indonesia-akan-tetap-upayakan-keadilan-e18yRyuzKu.jpg Adelina Sau meninggal setelah disiksa majikannya di Malaysia pada 2018. (Foto: Tenaganita)

JAKARTA - Mahkamah Persekutuan Malaysia, yang setara setara dengan Mahkamah Agung di Indonesia, pada Kamis (23/6/2022) telah menguatkan putusan pengadilan banding yang membebaskan majikan Adelina Lisau dari tuntutan hukum terkait kasus yang menewaskan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Nusa Tenggara Timur (NTT) itu. Putusan ini sangat mengecewakan dan melukai rasa keadilan masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: MA Malaysia Bebaskan Majikan dari Kasus Kematian TKI Adelina, Dubes RI: Tak Cerminkan Keadilan

Kedutaan Besar RI (KBRI) Kuala Lumpur telah menunjuk pengacara untuk memantau proses persidangan. Dari hasil pengamatan terlihat bahwa Jaksa Penuntut Umum, yang melakukan penuntutan, tidak cermat dan tidak serius dalam menangani kasus ini,

Dengan putusan ini, maka proses persidangan kasus Adelina melalui jalur hukum pidana telah berakhir. Namun, pemerintah Indonesia terus akan mengupayakan almarhum Adelina mendapatkan keadilan.

BACA JUGA: Disiksa dan Disuruh Tidur Bersama Anjing Selama Sebulan, TKI di Malaysia Meninggal Dunia

“Pemerintah Indonesia akan tetap mengupayakan keadilan bagi mendiang Adelina Sau, melalui jalur hukum perdata,” kata Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) Judha Nugraha dalam keterangannya, Sabtu (25/6/2022).

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Berbagai upaya telah dilakukan sejak awal oleh Pemerintah Indonesia untuk memberikan keadilan bagi Adelina dan keluarganya. Di Indonesia, berkat kerja sama dengan Kepolisian dan Pemerintah Daerah NTT, tiga orang perekrut mendiang Adelina telah ditangkap.

Kemlu RI melalui Konsulat Jenderal RI (KJRI) Penang Penang dan KBRI Kuala Lumpur juga telah berhasil mendapatkan hak-hak keuangan Mendiang berupa gaji selama bekerja dan hak lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini