Share

Lompat dari Plafon Lapas Kelas IIA Kota Lubuklinggau, 2 Napi Kabur

Era Neizma Wedya, iNews · Senin 27 Juni 2022 02:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 610 2618653 lompat-dari-plafon-lapas-kelas-iia-kota-lubuklinggau-2-napi-kabur-4T8d8Usqua.jpg Napi berhasil kabur dengan memanjat plafon, tapi tak lama kemudian berhasil ditangkap kembali oleh petugas.

LUBUKLINGGAU - Dua narapidana (napi) Lapas Kelas IIA Kota Lubuklinggau melompat dari atap plafon lapas dan kabur ke persawahan di Kelurahan Tapak Lebar, Kecamatan Barat II, Kota Lubuklinggau, Minggu (26/6/2022) sekitar pukul 16.00 WIB.

Napi tersebut berlari hingga ke persawahan. Aksi kaburnya tahanan itu disaksikan warga dan membuat heboh.

Bahkan, dikabarkan petugas lapas kewalahan menangkap napi dikarenakan tubuh warga binaan itu lebih besar dari tubuh petugas Lapas.

Beruntung warga di sekitar yang melintas ikut membantu menangkap napi yang kabur di depan Lapas Lubuklinggau, sedangkan satu napi berlari ke persawahan.

Dari informasi yang didapat, dua napi tersebut berhasil diamankan petugas Sipir Lapas Kelas IIA Kota Lubuklinggau. Satu diamankan di depan lapas dan satu lainnya diamankan di persawahan.

Menurut keterangan di lapangan, salah satu narapidana berhasil dilumpuhkan dan diduga napi dilumpuhkan dengan cara ditembak di bagian kakinya. Napi itu sempat dibawa ke rumah sakit di Lubuklinggau.

Sementara Kalapas Lubuklinggau Eka Prihadi saat dikonfirmasi mengatakan benar ada dua warga binaan tersebut berupaya melarikan diri, tapi berhasil digagalkan petugas lapas.

"Yang pasti upaya itu bisa digagalkan oleh teman-teman," kata Kalapas saat diwawancarai wartawan, Minggu malam.

Namun, Kalapas membantah jika ada salah satu warga binaan dilumpuhkan dengan cara ditembak. Kalapas menyebut jika luka dikaki warga binaannya itu akibat terjatuh dari plafon lapas tempat dia berusaha melarikan diri.

"Jadi ternyata betul ada upaya karena ketahuan jatuh dari dari plafon, naik, manjat, plafon lama itu ketinjak pasti ambrol, begitu ada kontrol takut dan ambruk," tuturnya.

"Saat ini kedua Napi tersebut langsung di apel ulang untuk memastikan," katanya.

Sementara saat dikonfirmasi terkait keberadaan napi yang bisa berada di luar tahanan, Kalapas enggan menjelaskan. Dia sempat menyebut napi kabur itu saat sebelum kejadian bertugas sebagai petugas kebersihan.

Kalapas menjelaskan, kedua napi tersebut adalah RS dan DH. Keduanya tahanan dalam kasus pencurian. Mereka warga Kota Lubuklinggau.

Menurut Kalapas, Ini adalah salah satu bukti bahwa bagaimana teman-teman selalu kontrol, jadi disini ada pengawasan rutin, keliling keamanan selalu kontrol.

"Jadi saya belum bisa memberikan gambaran detail karena dalam proses," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini