Share

Pecah Rekor! Gelombang Panas Eropa Picu Kenaikan Suhu hingga 20 Derajat

Jum'at 01 Juli 2022 08:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 18 2621553 pecah-rekor-gelombang-panas-eropa-picu-kenaikan-suhu-hingga-20-derajat-kmPV7CpSCi.jpg Gelombang panas di Eropa memecahkan rekor pada Juni (Foto: BBC)

NORWEGIA – Gelombang panas yang hebat di sebagian besar Eropa telah memecahkan rekor suhu pada Juni lalu dari Lingkaran Arktik hingga Afrika Utara.

Gelombang panas yang ganas telah menyebabkan suhu naik jauh di atas rata-rata bulan Juni di banyak negara, dalam beberapa kasus hingga 20 derajat.

Norwegia mencatat suhu 32,5C di Banak pada Rabu (30/6/2022), dilaporkan suhu tertinggi yang pernah tercatat di Lingkaran Arktik di Eropa, dan secara signifikan lebih tinggi dari rata-rata Juni 13C.

Polandia melihat suhu mencapai pertengahan tiga puluhan pada Senin (27/6/2022), dan bagian timur Jerman melihat beberapa lokasi mencapai 37C.

Baca juga: Tahun Ini, Perubahan Iklim Picu Gelombang Panas, Kekeringan, hingga Banjir Ekstrem

Rekor suhu pada Juni juga dipecahkan di Slovenia dan Kroasia, sementara Bosnia dan Herzegovina mencatat suhu 0,2C di bawah rekor Juni di 41C.

Baca juga: Perubahan Iklim Picu Gelombang Panas 100 Kali Lebih, Pecahkan Rekor di India dan Pakistan

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Panas ekstrem juga meluas ke Afrika Utara, di mana suhu di Tunisia menyamai rekor bulanan 48,7C pada Senin (27/6/2022).

Di tempat lain di Eropa, pecahnya badai petir menyebabkan tanah longsor yang menghancurkan di Austria selatan, menewaskan satu orang dan membanjiri rumah dan jalan di wilayah Carinthia.

Badai petir lebih lanjut diperkirakan terjadi akhir pekan ini, dengan hujan es yang merusak, hujan deras dan angin kencang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini