Share

Geger Pernikahan Manusia dengan Kambing, 4 Orang Jadi Tersangka

Ashadi Ikhsan (Koran Sindo), Koran SI · Jum'at 01 Juli 2022 21:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 519 2622136 geger-pernikahan-manusia-dengan-kambing-4-orang-jadi-tersangka-qoXkjYsoLm.jpg Pernikahan manusia dengan kambing di Gresik (Foto: Tangkapan layar)

GRESIK - Penyidik Satreskrim Polres Gresik menetapkan tersangka pernikahan manusia dan kambing di Pesanggrahan Ki Ageng Jogodalu, Benjeng, Gresik, 5 Juli 2022. Ada empat tersangka, salah satunya anggota DPRD Gresik Nur Hudi Didin Arianto.

Tersangka lain yaitu; Saiful Arif (44) selaku mempelai laki-laki, Arif Syaifullah (AS) selaku pemilik konten, dan Krisna alias Sutrisno yang berperan yang menikahkan.

BACA JUGA:Viral Pernikahan Manusia dan Kambing, 2 Anggota DPRD Diperiksa Polisi 

Tersangka AS dikenakan pasal berlapis yaitu Pasal 44a Ayat 2 UU ITE Juncto Pasal 156a KUHP tentang Penistaan Agama. Sedangkan SA, NH dan K dijerat Pasal 156a KUHP.

Kasat Reskrim Polres Gresik Iptu Wahyu Rizki Saputro mengatakan, sudah menetapkan empat tersangka dalam kasus peninstaan agama. Penetapan tersangka baru ditetapkan setelah lembaganya mendatangi tim ahli keagaamaan.

“Ada empat tersangka yang sudah kami tetapkan dalam kasus penistaan agama,” ucapnya, Jumat (1/7/2022).

 BACA JUGA:2 Anggota DPRD Gresik Diperiksa Polisi Terkait Viral Pernikahan Manusia dan Kambing

Sebelumnya, pernikahan nyeleneh antara Saiful Arif (44) yang mengaku sebagai Satrio Piningit dengan seekor kambing bernama Sri Rahayu pada 5 Juni 2022 lalu membuat geger masyarakat.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

MUI Gresik telah mengeluarkan sikap keagamaan dan menyebut kegiatan yang berdalih hanya untuk kepentingan konten itu sebagai bentuk penistaan agama.

Selain bergulir di ranah hukum. Sidang etik juga berlangsung di Badan Kehormatan (BK) DPRD Gresik. Anggota DPRD Gresik Nur Hudi Didin Arianto terancam sanksi berat karena memfasilitasi pernikahan tersebut.

Bahkan, Ketua BK Muhammad Nasir juga dicopot sementara dari jabatannya karena hadir dalam pernikahan nyeleneh tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini