Share

3 Negara yang Ada di Dalam Negara, Kok Bisa

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 07 Juli 2022 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 18 2624728 3-negara-yang-ada-di-dalam-negara-kok-bisa-U8kueaKoqx.jpg Vatikan. (Oyster)

SEBUAH negara pada umumnya mempunyai batas negara dengan bentang alam seperti laut, gunung, dan lain sebagainya. Ada juga sejumlah negara yang berbatasan langsung dengan negara lain.

Namun, ada pula beberapa negara yang berada di dalam kawasan negara lain. Berikut daftar negara yang berada di dalam negara, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber pada Kamis (7/7/2022) :

Vatican City

Vatican City atau Kota Vatikan merupakan negara yang memiliki kawasan paling kecil di dunia. Walaupun namanya ‘kota’, Vatikan merupakan sebuah negara yang mempunyai otoritas berdaulat dan kekuasaan eksklusif. Vatikan dikelilingi Kota Roma, Italia. Selain dikenal karena ukuran wilayahnya, Vatikan juga terkenal dengan pusat Gereja Katolik Roma.

Karena mempunyai wilayah yang kecil, Vatikan tidak punya lembaga pemerintah seperti negara lain. Hanya beberapa basilika utama yang memiliki status ekstrateritorial, seperti kedutaan asing.

Uniknya, status kewarganegaraan Vatikan akan diberikan kepada orang-orang yang melayani atau bekerja di bawah Vatikan. Kewarganegaraan tersebut akan dicopot apabila orang tersebut berhenti dari posisinya.

Lesotho

Lesotho merupakan negara yang dikelilingi negara Afrika Selatan. Dengan luas wilayah 11.583 meter persegi, Lesotho merupakan rumah bagi sekitar 2 juta manusia. Negara ini dianugerahi pemandangan indah dengan pegunungan tinggi dan lembah-lembah sempit.

Sejarah mencatat, dari tahun 1822 hingga 1868, negara ini diperintah Raja Moshoeshoe. Dalam masa pemerintahan tersebut, Lesotho mengalami periode evolusi negara yang ditandai konflik antara penjajah Inggris dan Belanda.

Kemudian, Lesotho dipengaruhi misionaris dari Paris Evangelical Missionary Society, serta Boer atau penduduk ras putih yang mencoba menjajah bagian-bagian negara. Namun, kini Lesotho berdiri menjadi negara dengan Moeketsi Majoro sebagai Perdana Menterinya.

San Marino

 

Sama seperti Vatikan, San Marino juga mempunyai batas negara dengan Italia. Negara dengan ibu kota yang juga bernama San Marino ini mempunyai populasi sekitar 33.000 dengan sejarah dan pemerintahannya sendiri.

San Marino kerap mengenalkan diri sebagai salah satu republik tertua dan terkecil di dunia. Negara ini mempunyai banyak bentangan alam yang indah. Sebagian besar wilayahnya terdiri dari perbukitan hijau asri dan hamparan batu kapur Gunung Titano. Di gunung tersebut, terdapat tiga menara bersejarah bernama Rocca Guaita, Kastil Cesta, dan Montale. (Diolah dari berbagai sumber/Litbang MPI/Almas Taqiyya)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini