Share

3 Gerai Holywings di Surabaya Ditutup karena Tak Kantongi NIB

Lukman Hakim, Koran SI · Rabu 06 Juli 2022 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 519 2624527 3-gerai-holywings-di-surabaya-ditutup-karena-tak-kantongi-nib-AqofTLKt9V.jpg Illustrasi penutupan Holywings (foto: dok MPI)

SURABAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) memastikan telah menutup sejumlah gerai Holywings yang beroperasi di Surabaya. Hal itu disampaikan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melalui akun instagram pribadinya @khofifah.ip.

"Lewat postingan ini, saya ingin menyampaikan bahwa Holywings yang berada di tiga titik lokasi di Kota Surabaya, Jawa Timur yakni di Jl. Basuki Rahmat No. 23 Surabaya, Jl. Mayjend. Yono Soewoyo No. 5 - E Surabaya; dan Jl. Kertajaya Indah Timur 6/ 1 Blok S - 201 Surabaya, sudah ditutup sejak 28 Juni 2022 lalu," tulis Khofifah.

 BACA JUGA:Duh! Guru di Depok Dinonaktifkan Usai Sindir Habib Rizieq dan Holywings

Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Surabaya sepakat untuk menutup ketiga tempat tersebut karena belum memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) serta Sertifikat Standart (SS) yang telah terverifikasi berbasis risiko melalui OSS RBA.

"Tanpa kepemilikan NIB, maka dapat dipastikan bahwa Holywings belum mengantongi Izin Usaha dan Izin Komersial atau operasional sesuai dengan bidang usaha yang digeluti. Semoga kejadian Holywings ini dapat menjadi pembelajaran bersama. Terimakasih," sambungnya.

 BACA JUGA:Dana Perkara Holywings Bakal Disedekahkan, Ini Respons MUI

Sebelumnya, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya telah membekukan sementara izin operasional Holywings di Kota Pahlawan. Pembekuan dilakukan hingga kasus dugaan penistaan agama yang menimpa Holywings tuntas, sekaligus operasionalnya sesuai dengan izin yang dikantongi.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan, izin operasional usaha rumah makan, dikeluarkan oleh pemerintah kota. Sedangkan untuk bar, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, dikeluarkan oleh Pemprov.

"Rumah makan itu izinnya dikeluarkan oleh pemerintah kota. Tapi untuk bar, sesuai dengan PP 5 Tahun 2021, izinnya dikeluarkan oleh provinsi," kata Eri.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(wal)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini