Share

Ada Aturan Wajib Vaksin Ketiga, Penumpang Pilih Booster Sebelum Bepergian

Arif Budianto, Koran SI · Minggu 17 Juli 2022 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 17 525 2631045 ada-aturan-wajib-vaksin-ketiga-penumpang-pilih-booster-sebelum-bepergian-MPKkyK6sFx.jpg Penumpang kereta api/ Foto: Arif Budianto

BANDUNG - Sejumlah penumpang kereta api (KA) memilih lebih dulu melakukan vaksin booster sebelum bepergian, menyusul diwajibkannya tes PCR atau antigen untuk penumpang yang baru vaksin kedua.

 BACA JUGA:Anies: Kader PKK Kerjanya Tak Terlihat, tapi Dampaknya Terasa

Salah satu penumpang KA di Stasiun Kiaracondong, Kota Bandung, Mujiyono mengaku, sebelum membeli tiket, dia telah melakukan vaksin booster atau dosis ketiga. Hal itu sesuai dengan ketentuan pemerintah dan PT Kereta Api Indonesia.

"Iya sebelum beli tiket saya vaksin booster dulu. Karena kan ternyata itu sudah masuk dalam ketentuan saat beli tiket. Kalau belum boster enggak bisa," kata Mujiyono.

 BACA JUGA:Air Meluap Masuk ke Perumahan Puri Kartika Baru, Warga : Sudah Kaya Tsunami Kecil

Karena sudah terhubung secara online, dia tidak perlu membawa surat keterangan vaksin. Namun keterangan sudah vaksin boster tercatat di tiket. Di sana, tertera nama penumpang, gerbong dan kursi, serta keterangan vaksin 1, 2, atau 3.

Mujiyono yang akan berangkat ke Yogyakarta bersama keluarganya itu mengaku, lebih dulu vaksin booster. Sebelumnya, dia hanya vaksin hingga dosis dua. Namun karena ada ketentuan booster, dia memilih melakukan vaksin dosis ketiga.

Hal serupa juga disampaikan salah seorang penumpang jurusan Kroya, Heri. Dia mengaku tidak mempermasalahkan ada aturan boster naik kereta api. Dia sendiri telah vaksin booster sekitar satu bulan lalu.

"Enggak masalah, karena sudah lama juga booster. Paling itu menghambat kalau yang belum vaksin aja," kata Heri singkat.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daop II Bandung Juswardoyo mengaku, ketentuan wajib boster telah berlaku sejak hari ini atau 17 Juli 2022. Sementara yang belum boster tetap bisa naik kereta api, namun harus menggunakan negatif PCR atau antigen.

 BACA JUGA:Hari Pertama Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan, Begini Kondisi Bandara Juanda

Di Stasiun Kiaracondong, pihaknya menyiapkan tes antigen bagi penumpang. Sehingga tidak perlu repot ke tempat lain. Dari sisi harga juga cukup terjangkau. Sedangkan terkait apakah berpengaruh ke volume penumpang, dia mengaku belum tampak ada perubahan.

"Kalau saat ini belum terlihat, karena baru beberapa kereta api yang berjalan. Kemungkinan besok baru bisa kita apakah ada pengaruhnya terkait kewajiban boster, " imbuh dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini