Share

Hujan di Seluruh Wilayah, Warga Bone Bolango Diminta Waspada Banjir

Qur'anul Hidayat, Okezone · Senin 18 Juli 2022 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 340 2631584 hujan-di-seluruh-wilayah-warga-bone-bolango-diminta-waspada-banjir-KQgZxGPn8v.jpg BPBD Bone Bolango. (Foto: Antara)

GORONTALO – Masyarakat Bone Bolango diminta mewaspadai cuaca ekstrem yang dapat menimbulkan bencana alam di wilayah mereka. Kepala BPBD Kabupaten Bone Bolango Achril Babyonggo di Gorontalo mengatakan selama tiga hari ke depan diperkirakan masih akan terjadi hujan di hampir seluruh daerah.

"Kami mengimbau untuk waspada bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor," ucap Achril, Senin (18/7/2022).

Achril mengatakan, seluruh kecamatan berpotensi mengalami banjir. Sedangkan tanah longsor berpotensi terjadi di Kecamatan Bulango Utara dan Bone Pesisir.

Achril menjelaskan pihaknya telah melakukan analisa bencana sejak akhir Tahun 2021. Untuk wilayah yang sering terjadi banjir, kata dia, yaitu daerah yang berada di aliran Sungai Bone dan Sungai Bolango, sedangkan angin kencang dan longsor sering terjadi di wilayah Bone Pesisir.

 Baca juga: Ngeri! Dua Rumah Warga Bone Bolango Hanyut Diterjang Banjir Bandang

Sebelumnya, pada Kamis (14/7) terjadi bencana banjir di Desa Tongo, Kecamatan Bone Pantai, Kabupaten Bone Bolango.

Banjir bandang yang terjadi di Desa Tongo itu diakibatkan oleh hujan deras yang disertai angin dengan intensitas sedang hingga tinggi di bagian pesisir.

Warga terdampak banjir berada di Dusun I berjumlah 15 kepala keluarga (KK) atau 45 jiwa, Dusun II sebanysk 79 KK atau 249 jiwa, Dusun III 12 KK atau 48 jiwa dengan dua unit rumah hanyut, dua unit motor hanyut. Total terdampak 106 KK atau 342 jiwa.

"Untuk pembersihan lokasi pascabanjir, itu melibatkan anggota TNI dan Polri, Tagana Bone Bolango, Personel KSB Lumayi’o, masyarakat setempat, serta mahasiswa dari UG dan UNG juga ikut berpartisipasi," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini