Share

Ketua DPR AS Kunjungi Taiwan Hari Ini, China Peringatkan Militernya 'Tak Akan Diam'

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 02 Agustus 2022 08:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 18 2640367 ketua-dpr-as-kunjungi-taiwan-hari-ini-china-peringatkan-militernya-tak-akan-diam-cojOsXZq8K.jpg Ketua DPR AS Nancy Pelosi. (Foto: Reuters)

TAIPEI – Sejumlah media Taiwan pada Senin (1/8/2022) malam melaporkan bahwa Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi akan mengunjungi pulau itu pada Selasa (2/8/2022) dan bermalam di Taipei, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya.

BACA JUGA: Siap Melawat ke Asia, Ketua DPR AS Tak Sebut Akan Berkunjung ke Taiwan

China telah memperingatkan bahwa militernya tidak akan "diam saja" jika Pelosi mengunjungi Taiwan, pulau yang memiliki pemerintahan sendiri, yang diklaim oleh Beijing.

Surat kabar Liberty Times mengatakan Pelosi dijadwalkan mengunjungi parlemen Taiwan pada Rabu (3/8/2022) pagi sebelum melanjutkan perjalanannya ke Asia.

United Daily News, juga mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, mengatakan "pejabat terkait" diberitahu untuk menerima Pelosi, yang dijadwalkan tiba di ibu kota Taipei pada Selasa malam paling cepat dan bermalam di sana.

BACA JUGA: Rencana Kunjungan Politisi AS ke Taiwan, China Ancam Konsekuensi Serius

Kementerian luar negeri Taiwan mengatakan tidak memiliki komentar atas laporan tentang rencana perjalanan Pelosi dan tidak ada informasi lebih lanjut untuk dibagikan kepada media.

Sebelumnya pada Senin, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan kunjungan Pelosi ke Taiwan akan menjadi "campur tangan kotor dalam urusan dalam negeri China". Dia memperingatkan bahwa kunjungan itu akan mengarah pada "perkembangan dan konsekuensi yang sangat serius," demikian diwartakan Reuters.

Kunjungan Pelosi dari Partai Demokrat, yang berada di urutan kedua dalam garis suksesi kepresidenan AS dan kritikus lama terhadap China, akan bertepatan dengan memburuknya hubungan antara Washington dan Beijing. Partai Republik Newt Gingrich adalah ketua DPR AS terakhir yang mengunjungi Taiwan, pada 1997.

Beijing menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa pulau itu di bawah kendalinya. Taiwan menolak klaim kedaulatan China dan mengatakan hanya rakyatnya yang dapat memutuskan masa depan pulau itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini