Share

Lahan Pinus di Danau Toba Terbakar, Api Merembet ke Permukiman Warga

Junjungan Marpaung, iNews · Minggu 07 Agustus 2022 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 07 608 2643457 lahan-pinus-di-danau-toba-terbakar-api-merembet-ke-permukiman-warga-a6zArwTfl2.jpg Ilustrasi/ Doc: Okezone

SUMUT - Kebakaran hutan lahan pinus di perbukitan Danau Toba di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara kembali terjadi. Kali ini kebakaran hutan lahan pinus terjadi di kawasan hutan lindung Siarubung, Desa Turpuk Limbong, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir.

Dari kejauhan terlihat kobaran api dan asap tebal yang disertai angin kencang telah menghanguskan ribuan pohon pinus di lokasi hutan dan lahan di perbukitan Danau Toba.

 BACA JUGA:Catatan Egy Massadiah: Jaya Suprana Terpana Rekor Silatnas PPAD

Sementara kobaran api yang cukup besar dengan asap tebal yang disertai angin kencang membuat petugas gabungan cukup kesulitan memadamkan api.

Pasalnya kemiringan perbukitan cukup terjal di kawasan hutan lindung Siarubung ini, sehingga membuat kobaran api yang sudah menghanguskan ribuan pohon tersebut sulit untuk dipadamkan.

Sementara api yang disertai angin kencang sulit dipadamkan, kebakaran akhirnya merambat dan kobaran api nyaris mendekati pemukiman warga di Desa Boho Kecamatan Sianjur Mula – Mula.

Beruntung, perbukitan yang terbakar yang berdekatan dengan pemukiman warga di desa Boho terpisah oleh sungai.

"Api yang membakar lahan pinus itu merambat dan membakar perbukitan di dekat rumah warga," kata salah satu warga, Rendi, Minggu (7/8/2022).

Sementara itu, sejak awal terjadinya kebakaran hutan lahan pinus di perbukitan Danau Toba di Samosir, Sumut, hingga saat ini belum juga diketahui apa penyebab terjadinya kebakaran.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini