Share

Dituduh Bunuh Suami, Diplomat Jerman Ditangkap di Brasil

Susi Susanti, Okezone · Rabu 10 Agustus 2022 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 18 2645324 dituduh-bunuh-suami-diplomat-jerman-ditangkap-di-brasil-qiBkiNuDRi.jpg Diplomat Jerman ditahan di Brasil atas tuduhan pembunuhan (Foto: Reuters)

BRASIL - Seorang hakim Brasil telah memerintahkan agar Konsul Jerman Uwe Herbert Hahn harus ditahan sehubungan dengan dugaan pembunuhan suaminya di Rio de Janeiro. Hakim menyangkal klaim pertahanan kekebalan diplomatik.

Polisi Rio pertama kali menahan Hahn pada Sabtu (6/8/2022) setelah suaminya, Walter Henri Maximilien Biot, 52, ditemukan tewas di sebuah apartemen di lingkungan Ipanema. Video menunjukkan Hahn dikawal oleh polisi Brasil di luar kantor polisi di Rio pada Minggu (7/8/2022).

Hakim Brasil Rafael de Almeida Rezende mengutip dugaan upaya untuk merusak bukti di antara faktor-faktor dalam keputusannya untuk menahan diplomat itu.

Baca juga: Mahkamah Agung: Tidak Ada Kekebalan Diplomatik Bagi Diplomat dalam Kasus Perbudakan Modern

Menurut keputusan yang diperoleh CNN, "apartemen itu dibersihkan sebelum tim forensik melakukan pemeriksaannya, sebuah fakta yang dengan sendirinya menunjukkan bahwa pembebasan tersangka dalam tahanan dapat menyebabkan pembebanan serius pada pengumpulan bukti."

Baca juga: Cerita Kedutaan Besar Afghanistan di India Tolak Perintah dari Taliban hingga 21 Diplomat Dipotong Gaji

Perintah hakim menjelaskan TKP dan menyatakan "beberapa luka pada tubuh korban yang berasal dari trauma benda tumpul, dengan salah satu [lesi] cocok dengan injakan kaki dan yang lainnya dengan penempatan instrumen silinder (diduga tongkat kayu )."

Putusan hakim juga mengatakan bahwa forensik "mendeteksi cipratan darah di properti, jelas di kamar tidur pasangan dan di kamar mandi, sesuai dengan dinamika kematian yang kejam."

CNN Brasil melaporkan pembelaan Hahn berargumen kepada pengadilan bahwa diplomat tersebut berhak atas kekebalan diplomatik dan untuk surat perintah habeas corpus.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Habeas corpus adalah prinsip hukum yang memungkinkan orang yang percaya bahwa mereka ditahan secara tidak sah di penjara atau penahanan untuk menentangnya, dan tantangan yang berhasil dapat menyebabkan pembebasan tahanan.

Tetapi hakim memutuskan bahwa "penangkapan karena kejahatan yang disengaja terhadap kehidupan, yang dilakukan di dalam apartemen pasangan (jadi di luar lingkungan konsuler) tidak ada hubungannya dengan tugas konsuler."

Video yang dirilis ke CNN Brasil menunjukkan Hahn menjelaskan kepada Kepala polisi Camila Lourenço bahwa Biot telah menunjukkan tanda-tanda panik, bertindak gugup atau "aneh" pada hari-hari menjelang kematiannya.

Dalam rekaman video wawancara polisi, Hahn menggambarkan bagaimana pasangan itu sedang duduk di sofa ketika Biot tiba-tiba berdiri dan berlari menuju balkon sebelum jatuh tertelungkup di lantai.

Dia mengatakan kepada kepala polisi bahwa menurutnya suaminya tergelincir.

"Itu sangat cepat," katanya sambil berjalan di sekitar apartemen yang dibagikan pasangan itu.

Hahn mengatakan dia awalnya mengira Biot mabuk dan mengambil foto suaminya, yang dia kirimkan ke seorang teman bersama dengan pesan, "Walter mabuk lagi."

Hahn mengatakan bahwa dia kemudian mencoba mengangkat Biot untuk membawanya ke tempat tidur ketika dia melihat suaminya berdarah.

CNN telah menghubungi pengacara Hahn tetapi mereka tidak dapat memberikan komentar.

Sementara itu, sumber-sumber Kantor Luar Negeri Jerman juga mengkonfirmasi kepada CNN tentang "penangkapan seorang karyawan yang ditempatkan di Konsulat Jenderal di Rio de Janeiro."

"Kedutaan Besar kami di Brasilia dan Konsulat Jenderal di Rio de Janeiro berhubungan dekat dengan pihak berwenang Brasil yang menyelidiki kasus ini," kata sumber kantor luar negeri.

Sumber ini menambahkan bahwa karena penyelidikan yang sedang berlangsung dan untuk alasan privasi pribadi, mereka tidak dapat mengungkapkan tambahan informasi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini