Share

3 Negara yang Dijajah Jepang Selain Indonesia, Salah Satunya Adidaya Dunia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 11 Agustus 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 18 2645428 3-negara-yang-dijajah-jepang-selain-indonesia-salah-satunya-adidaya-dunia-7o7g7HukqB.jpg Patung budak seks yang dipasang di depan Kedutaan Jepang di Seoul, Korea Selatan pada 2015. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Jepang adalah negara kuat di Asia yang pernah melakukan penjajahan terhadap negara-negara lain, termasuk Indonesia. Penjajahan ini berakhir setelah Jepang kalah dalam Perang Dunia II pada 1945.

Lantas, negara-negara apa saja yang dijajah Jepang selain Indonesia? Berikut informasinya:

BACA JUGA: Kisah Pilu Serdadu Penjajahan Jepang Perkosa Gadis-Gadis Dijadikan Jugun Ianfu

1. Korea

Jepang pernah menduduki Korea antara 1910 dan 1945. Selama penjajahan Jepang, Korea belum terpisah menjadi Korea Utara dan Korea Selatan, mengalami masa kelam, yang dampaknya mempengaruhi hubungan kedua negara itu, terutama Korea Selatan, dengan Jepang hingga saat ini.

Mengutip dari Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual DPR bertajuk ‘Ketegangan Hubungan Jepang-Korea Selatan dan Implikasinya’ (2019), kebijakan pemerintah Jepang kala itu banyak yang merugikan warga semenanjung Korea. Contohnya, pelarangan penggunaan bahasa Korea, merekrut paksa perempuan Korsel untuk dijadikan budak seks bagi tentara Jepang, dan mengharuskan masyarakat menerima sistem penanaman Jepang.

BACA JUGA: PM Jepang Minta Patung Jugun Ianfu di Korsel Dihilangkan

Akibat peristiwa kelam tersebut, masyarakat Korsel masih memiliki luka sampai saat ini. Mereka bahkan terus mendesak pemerintah Jepang untuk mengakui perbuatan di masa lalunya itu, termasuk memaksa perempuan Korea untuk menjadi budak seks. Di sisi lain, warga Korsel juga meminta pemerintah Jepang untuk bertanggung jawab kepada para korban.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

2. China

China, yang saat ini dianggap sebagai salah satu adidaya dunia, juga pernah merasakan penjajahan Jepang. Melansir Sindonews, invasi Jepang ke Negeri Tirai Bambu itu diawali dengan masuknya Jepang ke Manchuria dan mendirikan Manchukuo sebagai negara boneka selama 6 bulan. Adapun periode pendudukan Jepang di China terbilang cukup lama, yakni selama 14 tahun (1931-1945) dan berakhir saat Jepang kalah dalam Perang Dunia II pada 1945.

Sementara itu, perlakuan tentara Jepang yang paling ganas di China adalah pembantaian Nanking pada 1937. Peristiwa yang masuk dalam kategori genosida itu menyebabkan 40 ribu sampai 300 ribu masyarakat sipil China menjadi korban kebengisan tentara Jepang. Selain dibantai, banyak perempuan yang juga menjadi korban pelecehan seksual, termasuk pemerkosaan.

3. Myanmar

Selain Indonesia, Myanmar adalah negara lain di Asia Tenggara yang merupakan bekas jajahan Jepang. Sejarah mencatat, Jepang menduduki Myanmar pada tahun 1942 sampai 1945. Invasi Jepang tersebut berhasil meruntuhkan kekuasaan Inggris yang sudah berkuasa sejak 1886 di Myanmar. Setelah kekuasaan Jepang berakhir, Inggris kembali mengambil alih Myanmar hingga tahun 1948.

Dalam Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi bertajuk ‘Gerakan Mahasiswa dalam Kemelut Politik di Myanmar: Pergulatan Mewujudkan Kebebasan’ (2014), diketahui bahwa masyarakat Myanmar jelas melakukan perlawanan terhadap dominasi Jepang, sama seperti negara-negara lainnya. Bahkan, dua kelompok dengan aliran kontras (radikal dan konservatif) berhasil bersatu guna melawan Jepang. Keduanya melebur dalam organisasi bernama Anti-Facist Organization, meskipun tidak berlangsung lama.

Satu rahasia yang kemudian terkuak adalah, beberapa tokoh mahasiswa Myanmar rupanya sudah melakukan kontak rahasia dengan pemerintah Jepang sejak 1941. Tokoh mahasiswa itu mendapat pelatihan secara militer dengan harapan mampu menjadi penggerak massa dalam melakukan perlawanan kepada pihak Inggris. Kelompok ini dipimpin Aung San dan dikenal dengan nama Komrad 30.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini