Share

Astronom Ungkap Planet di Galaksi Bima Sakti yang Berpotensi untuk Dihuni

Agregasi BBC Indonesia, · Jum'at 12 Agustus 2022 04:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 18 2646072 astronom-ungkap-planet-di-galaksi-bima-sakti-yang-berpotensi-untuk-dihuni-CPY8gSNtvV.jpg Planet dikatakan layak huni jika memiliki suhu permukaan yang memungkinkan air tetap dalam bentuk cair.

PARA astronom memperkirakan berapa banyak dari 100 milliar bintang di galaksi kita yang memiliki planet potensial untuk dihuni.

Menggunakan data dari teleskop Kepler milik NASA, mereka berpendapat satu dari lima bintang memiliki kesamaan dengan matahari yang memiliki planet seukuran Bumi.

Planet-planet tersebut dikategorikan sebagai "potensial huni" karena memiliki zona atau jarak tertentu dengan matahari, sehingga suhu planet dapat menjaga air - sebagai elemen kuncu kehidupan - tetap berada dalam bentuk cair di permukaan.

Riset ini dipublikasikan secara rinci dalam jurnal PNAS.

"Ini berarti, ketika Anda melihat ribuan bintang di langit malam, bintang mirip Matahari yang berpotensi memiliki planet layak huni mungkin hanya berjarak 12 tahun cahaya dan bisa dilihat dengan mata telanjang," kata salah satu peneliti Erik Petigura, dari Universitas California, Berkeley, melansir BBC Indonesia.

Dia menambahkan: "Sungguh menakjubkan."

Koleganya, Andrew Howard, mengatakan penemuan ini menunjukan planet seperti Bumi merupakan jenis yang umum ditemui di Galaksi Bima Sakti.

Atmosfir tipis

Namun, sejumlah anggota peneliti mengatakan walaupun planet seukuran Bumi ditemukan di zona layak huni, tidak ada jaminan bahwa planet ini bisa mendukung kehidupan.

"Beberapa mungkin memiliki atmosfir yang sangat tipis sehingga permukaan akan memiliki suhu panas. Molekul semacam DNA tidak akan bertahan," kata peneliti Geoff Marcy, profesor astronomi di Berkeley.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Marcy menambahkan: "Namun, sebagian mungkin memiliki permukaan yang pas untuk menampung air yang cocok untuk organisme."

Diluncurkan pada 2009, teleskop Kepler memiliki misi untuk mencari planet mirip Bumi yang memiliki jarak orbit tertentu dengan Matahari.

Kepler - yang baru-baru ini dipensiunkan - bekerja dengan mendeteksi variasi periodik pada kecerahan bintang. Pada Januari 2013, para astronom yang menggunakan data Kepler memperkirakan bahwa setidaknya ada 17 miliar planet seukuran Bumi di Galaksi Bima Sakti.

Pada Juli lalu, sejumlah astronom mengumumkan penemuan planet berwarna biru tua yang mirip dengan Bumi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini