Share

Camp Tertimpa Pohon, Dua Orang Tim Patroli Harimau Sumatera Meninggal Dunia

Demon Fajri, Okezone · Kamis 18 Agustus 2022 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 340 2649867 camp-tertimpa-pohon-dua-orang-tim-patroli-harimau-sumatera-meninggal-dunia-flMLSMpefc.jpeg Proses evakuasi korban/ Foto: Demon Fajri

BENGKULU - Dua orang tim Patroli Harimau Sumatera Kerinci Seblat (PHS-KS), Balai Besar Taman Nasional Kerinci Sebelat (BB-TNKS), unit Bengkulu, Gunawan Saefullah (52), dan Sudirman (55) meninggal dunia setelah camp tempat mereka beristirahat tertimpa kayu.

 BACA JUGA:Bakal Nanya Inflasi ke Kepala Daerah saat Sidak, Jokowi: Jangan Gelagapan!

Di mana saat itu mereka berada di dalam kawasan TNKS wilayah Bukit Punjung, Resor Kabupaten Bengkulu Utara - Kabupaten Mukomuko, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah VI, Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Saat kejadian tersebut, dilaporkan 3 orang anggota tim dalam kondisi tidak sadarkan diri dan mengalami luka-luka. Musibah ini diketahui setelah tim PHS-KS, unit Bengkulu, menerima sambungan telepon dari salah satu anggota tim yang tidak mengalami luka parah.

Informasi terhimpun, tim PHS-KS yang diketuai Gunawan Saepulah, selaku Polisi Kehutanan (Polhut), bersama tiga anggota tim, Slamet Riadi, Sudirman, Ali Purnomo.

 BACA JUGA:Jokowi : Menteri hingga Kepala Daerah Tidak Boleh Bekerja Standar Lagi

Lalu, mereka berangkat dari Mess TNKS Resor Bengkulu Utara-Mukomuko, menuju ke kawasan TNKS wilayah Kecamatan Pondok Suguh, Kabupaten Mukomuko, untuk berpatroli rimba selama 7 hari.

Pada hari kedua patroli koordinator PHS-KS Unit Bengkulu. menerima telepon dari salah satu anggota yang tidak mengalami luka parah, jika camp tempat tim beristirahat tertimba kayu.

Mendapati infomasi tersebut, Koordinator PHS-KS/Kepala Resor Bengkulu Utara-Mukomuko, meminta bantuan kepada tim PHS yang ada di luar, Polsek setempat dan Tenaga Medis Puskesmas Kecamatan Pondok Suguh, serta berkoordinasi dengan Pemerintahan desa setempat.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung, Said Jauhari membenarkan, musibah yang menimpa dua orang tim PHS-KS, meninggal dunia.

"Iya, Polhut Balai Besar TNKS, meninggal dunia, bersama satu anggota tim PHS-KS," kata Said, Kamis (18/8/2022).

 BACA JUGA:Jokowi Perintahkan Mendagri Pakai Anggaran Tak Terduga untuk Tekan Inflasi di Daerah

Sementara itu, Humas Kantor Pencarian Dan Pertolongan Bengkulu, Mega Maysilva mengatakan, tim SAR gabungan bertemu dengan masyarakat yang telah berhasil mengevakuasi dua korban dalam keadaan meninggal dunia, sejauh 7 Kilometer (Km), dari titik duga menuju posko ke arah Selatan.

"Tim gabungan mengevakuasi korban menuju Puskesmas Pondok Suguh untuk diserahkan kepada pihak keluarga," jelas Mega.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini