Share

Bukan untuk Agus, Warung Bakso Ini Gratiskan Bumil Makan Selama Bulan Agustus

Inin Nastain, Koran Sindo · Kamis 18 Agustus 2022 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 525 2649991 bukan-untuk-agus-warung-bakso-ini-gratiskan-bumil-makan-selama-bulan-agustus-k5XMUUh48g.jpg Ilustrasi/ Foto: Inin Nastain

MAJALENGKA - Bulan Agustus tidak melulu tentang hiburan rakyat saja. Bulan yang memiliki nilai sejarah bagi rakyat Indonesia ini juga kerap dijadikan momentum untuk berbagi dengan sesama dengan sejumlah ketentuan unik.

Hal itu seperti yang dilakukan pemilik kedai Bakso Putra Bengawan di Jalan Babakan (Mambo) Kelurahan Majalengka Wetan, Kecamatan Majalengka. Kedai yang sudah berdiri sejak 2014 itu membuat program bakso gratis selama satu bulan Agustus.

 BACA JUGA:Sah, Ashabul Kahfi Resmi Dilantik Jadi Ketua Komisi VIII DPR Gantikan Yandri Susanto

Namun, program tersebut tidak bisa dinikmati oleh semua orang. Bahkan, warga yang memiliki nama dengan suku kata Agus pun, tidak serta-merta bisa mengikuti program itu.

Ya, kedai ini memberlakukan baso satu porsi gratis hanya untuk Ibu-ibu yang sedang hamil (bumil) saja. Tidak ada syarat tambahan lainnya di luar hamil.

"Untuk semuanya, usia kehamilan berapapun. Mereka juga bisa milih varian yang ada di sini," kata pemilik kedai, Agung Susilo saat berbincang pada Kamis (18/8/2022).

 BACA JUGA:Kelompok Ferdy Sambo Bak Kerajaan yang Berkuasa di Polri, Jokowi Marah Besar

Bagi ibu-ibu dengan usia kehamilan di atas 3 bulan, mungkin akan lebih mudah mengetahuinya secara fisik. Namun, bagi mereka yang usia kehamilannya baru di kisaran mingguan, mungkin akan sulit, mengingat perut mereka yang belum membesar.

Terkait hal itu, Agung mengatakan, calon konsumen bisa memberi tahu pelayan bahwa dia sedang hamil. "Jadi, kalau kebetulan konsumen sedang hamil, silakan kasih tau aja ke pelayan. Nggak harus menunjukkan bukti-bukti segala macam, hehe," papar dia.

Jika pada umumnya program serupa hanya berlaku untuk makan di tempat, tidak demikian dengan di kedai bakso ini. "Mangga (silakan) aja, bisa juga dibungkus," beber dia.

Selama program tersebut berlangsung, sudah ada ratusan mangkuk Bakso yang keluar, untuk memanjakan para bumil itu. Tidak hanya dari dalam Majalengka Kota saja, beberapa di antaranya ada juga yang dari luar kecamatan.

"Dari Kadipaten, Jatiwangi dan lain-lain. Ada juga sih mumil, tapi dia kekeuh mau bayar. Cuma kita tetap kasih gratis," jelas dia.

"Jadi, ketika mereka nggak tau program ini, terus setelah selesai makan, dan pelayan kami melihat yang bersangkutan sedang hamil (perut membesar), kami kasih tau ke mereka," ungkap dia.

 BACA JUGA:Bupati Rejang Lebong Kukuhkan 36 Peserta Paskibra 2022

Program Bakso gratis untuk Bumil pada 2022 ini, masuk tahun ke tiga. Di luar moment kemerdekaan, Kedai tersebut juga menerapkan program serupa di hari-hari tertentu.

"Ini udah berlangsung tiga tahun. Nah, di tahun pertama, setelah bulan Agustus, istri ngasih masukan ada Jumat Berkah juga. Sama, sasarannya untuk Bumil," jelas dia.

 BACA JUGA:Peringatkan Inggris dan AS, Dubes China: Kemerdekaan Taiwan Berarti Perang!

"Alhamdulillah, pelanggan yang datang dari kalangan umum juga ramai. Doa dari mereka juga mungkin," lanjut Agung.

Sementara, ada beberapa alasan mengapa program itu sasarannya untuk Bumil. Selain terinspirasi dari saudaranya yang lebih dulu menerapkan program itu, ada juga alasan lain yang melatarbelakanginya.

"Perjuangan ibu saat dalam kondisi hamil yang nggak mudah. Agustus bulan kemerdekaan, setelah pendahulu kita berjuang mati-matian demi kemerdekaan," jelas dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini