Share

5 Tokoh di Dunia yang Harus Meregang Nyawa Akibat Covid-19, Ada yang dari RI

Stefani Ira Pratiwi, Litbang Okezone · Sabtu 20 Agustus 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 18 2650724 5-tokoh-di-dunia-yang-harus-meregang-nyawa-akibat-covid-19-ada-yang-dari-ri-9wW17lBVAs.jpg Ilustrasi meninggal karena Covid-19 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 sudah terjadi sejak akhir tahun 2019. Penyebaran virus ini sangat cepat ke negara-negara di dunia. Bahkan akibat penularan tersebut, sudah banyak nyawa yang melayang setiap harinya. Di Indonesia sendiri, total kasus yang terjadi per tanggal 18 Agustus 2022 mencapai angka 6,29 juta. Sedangkan orang yang meninggal dunia akibat penyakit ini sudah ada 157 ribu.

Penyakit ini tidak kenal bulu dalam memilih korbannya. Bahkan tercatat ada banyak tokoh-tokoh negara yang meninggal setelah terinfeksi. Hal ini terjadi juga di negara-negara lainnya. Melansir dari beberapa sumber, berikut merupakan tokoh-tokoh dunia yang meninggal karena Covid-19.

Baca juga: Baru, WHO Rekomendasikan Vaksin Valneva untuk Covid-19 

1. Colin Powell

Salah satu tokoh Amerika Serikat, Colin Powell, meninggal dunia akibat komplikasi Covid-19 pada 18 Oktober 2021. Powell, yang mengabdikan diri sebagai tentara, diplomat, serta penasihat keamanan negara selama empat dekade, wafat dalam usia 84 tahun saat dirawat di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed.

Saat menjabat sebagai Menteri Luar Negeri, Colin Powell berpidato di PBB pada tahun 2003, yang membuka jalan bagi Amerika Serikat untuk menginvasi Irak.

 Baca juga: Apakah Indonesia Sudah Mengalahkan Pandemi Covid-19?

2. Wang Xianliang

Wang Xianliang, Pejabat Direktur Biro Urusan Agama dan Etnis Wuhan, meninggal di Rumah Sakit Wuhan akibat infeksi Covid-19 pada hari Minggu (26/1/2020). Saat itu Wuhan memang diketahui sebagai episenter dari penyebaran virus ini. Hingga akhirnya di bulan Januari terdapat pejabat pemerintahan negara yang menjadi korban penyebaran virus ini untuk pertama kalinya di Wuhan.

3. Pranab Mukherjee

Pranab Mukherjee merupakan tokoh penting yang pernah menempati beberapa posisi di dalam pemerintahan. Ia pernah menjabat sebagai menteri keuangan, menteri luar negeri, dan menteri pertahanan. Bahkan pada tahun 2012, Pranab menjadi Presiden India hingga tahun 2017.

Pada tahun 2020, Pranab menjalani beberapa perawatan medis di Rumah Sakit Penelitian dan Rujukan Angkatan Darat. Operasi pengangkatan gumpalan darah di otak yang dijalaninya pada 10 Agustus dinyatakan berhasil. Namun tak lama kemudian, ia didiagnosis positif Covid-19 dan kondisinya semakin memburuk. Pranab Mukherjee meninggal pada 31 Agustus 2020 setelah mengalami kegagalan beberapa organ.

4. Sibusiso Moyo

Menteri Luar Negeri Zimbabwe Sibusiso Moyo tutup usia pada Rabu (20/1/2021) di Harare. Semasa hidup, Sibusiso pernah juga menjabat sebagai Jenderal Angkatan Darat Zimbabwe. Kala itu, ia bahkan mendapatkan penghargaan dengan posisi senior di kabinet Presiden Emmerson Mnangagwa atas kinerjanya. Sayang, perjalanan kariernya harus berakhir setelah ia terinfeksi virus Corona dan kemudian meninggal dunia pada Juli 2021.

5. Diah Pramana Rachmawati Soekarnoputri

Putri ketiga dari Presiden Pertama Indonesia dan Ibu Fatmawati ini meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto pada hari Sabtu (3/7/2021) pukul 06.45 WIB karena Covid-19. Mengembuskan napas terakhir pada usia 70 tahun, semasa hidup Rachmawati merupakan tokoh politikus, serta pendiri dan Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Bung Karno. Yayasan tersebut ia dirikan untuk memberikan sumbangsih untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini