Share

Imbas Konflik di Ukraina, UE Setujui Penangguhan Kesepakatan Visa Terhadap Rusia

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 01 September 2022 09:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 01 18 2658635 imbas-konflik-di-ukraina-ue-setujui-penangguhan-kesepakatan-visa-terhadap-rusia-oGaob3YOUX.jpg Foto: Reuters.

PRAHA - Diplomat tinggi Uni Eropa (UE), Josep Borrell mengatakan, 27 anggota blok Uni Eropa setuju untuk menangguhkan perjanjian dengan Rusia, yang memudahkan Rusia memperoleh visa wisatawan, sebagai sanksi atas invasi Moskow ke Ukraina.

BACA JUGA: Ukraina Mulai Serangan Balasan Terhadap Rusia, Nova Kakhovka Dihujani Roket

Borrell mengumumkan keputusan itu pada Rabu (31/8/2022), yang tidak merupakan larangan total atas penerbitan visa seperti yang dikehendaki oleh beberapa negara, setelah hari kedua pertemuan para Menteri Luar Negeri Uni Eropa di ibu kota Republik Ceko, Praha.

Sebuah perjanjian visa 2007 untuk memudahkan persyaratan masuk Uni Eropa untuk warga Rusia, sebagian ditangguhkan akhir Februari, khusus ditujukan terhadap orang-orang yang dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, seperti delegasi resmi Rusia dan pemegang paspor diplomatik.

BACA JUGA: Perang Rusia-Ukraina Belum Usai Bikin Krisis Global Semakin Parah

Namun visa untuk "orang Rusia biasa" tidak diganggu-gugat, dan mereka dapat terus menikmati manfaat visa UE, seperti pengurangan waktu tunggu, biaya dan kebutuhan untuk menunjukkan lebih sedikit dokumen ketika melamar visa.

Negara-negara yang berbatasan dengan Rusia, negara-negara Baltik, Polandia, dan Finlandia memimpin upaya untuk larangan lebih terhadap visa bagi wisatawan Rusia. Karena layanan penerbangan udara oleh UE untuk penerbangan dari Rusia, sebagian besar pelancong harus melewati perbatasan di darat untuk melakukan perjalanan ke negara-negara UE lainnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini