Share

Saat Ratu Elizabeth Izinkan Pangeran Charles Jemput Jenazah Putri Diana

Fahmi Firdaus , Okezone · Sabtu 10 September 2022 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 18 2664492 saat-ratu-elizabeth-izinkan-pangeran-charles-jemput-jenazah-putri-diana-Goy9ayDlkU.jpg Putri Diana dan Ratu Elizabeth/Tangkapan layar media sosial

INGGRIS โ€“ Masyarakat Inggris sangat berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II pemimpin Kerajaan Inggris Raya. Ratu Elizabeth II meninggal dalam usianya yang ke-96 tahun, di Kastil Balmoral, Skotlandia, Kamis 8 September 2022.

(Baca juga: Sepenggal Kisah Putri Diana yang Miliki Rasa Empati Tinggi, Peluk Seorang Ibu Tak Dikenal di Makam)

Di sisi lain, Ratu Elizabeth pernah mengizinkan Pangeran Charles menjemput jenazah Putri Dianaย setelah mengalami kecelakaan maut di Paris.

Meski telah bercerai, Charles memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Paris dan mengantar jenazah Diana kembali ke Inggris menggunakan pesawat milik keluarga kerajaan.

Diketahui Putri Diana meninggal secara tragis dalam kecelakaan mobil pada 31 Agustus 1997. Keputusan itu dianggap kontroversial oleh banyak orang di keluarga kerajaan.

Woman&Home melaporkan, sang Ratu tidak menerima permintaan putranya untuk pergi ke Paris. Jurnalis Richard Kay, seorang teman Putri Diana, mengatakan kepada Channel 5 dalam sebuah film dokumenter keluarga kerajaan, Pangeran Charles menentang keinginan ibunya dalam langkah yang mengejutkan dan berani.

"Charles ingin mengambil penerbangan kerajaan ke Paris tetapi Ratu tidak mengizinkannya,โ€ terangnya.

"Charles berjuang lebih keras untuk Diana daripada yang pernah dia perjuangkan untuknya dalam hidupnya,โ€ lanjutnya.

Selanjutnya, Ratu mengalah dan Charles pun pergi ke Paris bersama saudara perempuan Putri Diana untuk membawa pulang jenazahnya.

Pangeran Charles, Lady Sarah McCorquodale dan Lady Jane Fellows, pergi ke Rumah Sakit Pitie Salpetriere dan membawanya pulang pada malam yang sama tanggal 31 Agustus 1997.

Pengaturan pemakaman untuk Putri Wales dibuat dengan cepat setelah peti mati dibawa kembali ke Inggris, dibalut dengan bendera Standar Kerajaan atas permintaan Charles. Prosesi pemakaman berlangsung selama satu jam empat puluh tujuh menit melalui jalan-jalan London.

Pangeran Charles, Pangeran Harry, 13, dan Pangeran William, 15, berjalan di belakang mobil jenazah Diana.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

"Ibuku baru saja meninggal, dan aku harus berjalan jauh di belakang peti matinya, dikelilingi oleh ribuan orang yang menontonku sementara jutaan lainnya melakukannya di televise,โ€ terang Pangeran Harry kepada Newsweek saat itu.

"Saya tidak berpikir anak mana pun harus diminta melakukan itu, dalam keadaan apa pun. Saya tidak berpikir itu akan terjadi hari ini,โ€ lanjutnya.

Diketahui, Pangeran Charles dan The Princess of Wales telah mengakhiri hubungan mereka dan menyelesaikan pernikahan dengan perceraian satu tahun sebelumnya pada 1996.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini